Apa perbedaan nada pelog dan slendro dalam musik gamelan Jawa?

Ilustrasi tangga nada demung pelog

Contoh Seni – Perbedaan nada pelog dan slendro terletak pada bunyinya. Dengan begitu perbedaan keduanya hanya bisa didengarkan kemudian dirasakan. Jika dalam nada nasional ini bisa kita ibaratkan nada mayor dan minor.

Bagi niyaga atau yang sudah terbiasa menabuh gamelan pasti sangatlah mudah untuk membedakan antara laras pelog dan slendro, namun bagi yang awam pasti akan kesulitan.

Perbedaan nada pelog dan slendro

Nah, bagi yang belum bisa membedakan, di bawah ini kami lampirkan suara nada pelog dan slendro secara berurutan. Sebagai contoh kami menggunakan suara demung.

1. Nada pelog

Ilustrasi tangga nada demung pelog

Suara nada di bawah ini adalah tangga nada gamelan pelog dari nada 1 sampai 7 yang dibunyikan secara berurutan. Silahkan dengarkan dengan seksama.

Suara nada pelog 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7

2. Nada slendro

Ilustrasi tangga nada demung slendro

Suara nada di bawah ini adalah adalah tangga nada gamelan slendro dari nada 6 rendah sampai nada 1 tinggi yang dibunyikan secara berurutan. Silahkan dengarkan dengan seksama.

suara nada slendro 6, 1, 2, 3, 5, 6, 1

Baca juga Not gamelan Jawa Slendro dan Pelog

Persamaan nada pelog dan slendro

Jika perbedaan nada pelod dan slendro terletak pada suara atau bunyi nada, maka persamaan keduanya terletak pada wujud alat musiknya.

Coba perhatikan gambar di atas, maka keduanya tidak ada bedanya, karena sama-sama memiliki bilah yang sama, dengan jumlah yang sama pula.

Sekarang jelaslah bahwa perbedaan nada pelog dan slendro terletak pada suara atau bunyi nadanya saja.

Pos terkait