Apa yang dimaksud gambar perspektif dalam seni rupa?

contoh gambar perspektif 1 titik hilang

Dalam seni rupa, gambar perspektif merujuk pada teknik menggambar yang digunakan untuk menciptakan ilusi kedalaman dan ruang pada gambar dua dimensi. Gambar perspektif digunakan untuk menciptakan ilusi bahwa objek atau adegan pada gambar terlihat tiga dimensi, meskipun sebenarnya hanya berupa gambar datar.

Dalam gambar perspektif, objek digambar sesuai dengan aturan perspektif yang mengikuti prinsip bahwa objek yang jauh terlihat lebih kecil dari objek yang lebih dekat. Aturan perspektif juga mencakup penggunaan titik-titik hilang atau vanishing point, yaitu titik tempat di mana semua garis datar pada objek yang sebenarnya tidak sejajar dengan bidang gambar berkonvergensi.

Bacaan Lainnya

Gambar perspektif digunakan dalam berbagai jenis seni rupa, seperti lukisan, gambar, ilustrasi, dan desain grafis. Teknik gambar perspektif dapat digunakan untuk menciptakan ilusi ruang dan kedalaman dalam gambar yang realistis atau abstrak, serta dalam berbagai gaya seni rupa seperti seni figuratif, seni impresionis, seni ekspresionis, dan seni pop.

Baca juga jenis-jenis gambar perspektif

Pos terkait