Cara Membimbing Anak Usia Dini Menunjukkan Kejanggalan Suatu Gambar

Pembaca yang berbahagia, mencerdaskan anak sejak dini sangatlah baik bagi perkembangan kecerdasan anak selanjutnya, namun ternyata bukanlah hal yang mudah, salah-salah malah menjadi kontra produktif dan bisa merusak karakter anak. Perlu kompleksitas keilmuan dalam hal ini, terutama harus menguasai teori belajar dan psikologi anak usia dini,
Materi yang kami sajikan ini sesuai dengan fase perkembangan anak usi dini, dimana mereka sangat menyukai gambar-gambar. Apalagi dengan menggunakan gambar anak kecil yang lucu.
Jika dinilai dari kurikulum PAUD, sajian kami ini bisa dikategorikan sebagai berikut :
  • Tema       : Diri sendiri
  • Sub tema : Identitas diri
  • Kognitif 7 : Menunjukkan kejanggalan suatu gambar
  • Kegiatan  : Memberi tanda (X) pada gambar yang janggal dan mewarnai.
Lembar kerja Cara Membimbing Anak Usia Dini Menunjukkan  Kejanggalan Suatu Gambar dengan gambar anak-anak memakai seragam sekolah.
Lembar kerja Mencerdaskan anak : Menunjukkan  kejanggalan suatu gambar
Kegiatan ini akan melatih ketelitian anak dalam mengamati objek, sehingga pendidikan karakter sejak dini akan tercapai dengan metode sederhana ini. Sebelum memberikan kegiatan, pendidik harus memberikan penjelasan yang mudah difahami oleh anak-anak.
Selain memberi tanda (X) pada gambar yang janggal, dianjurkan juga agar mewarnai gambar tersebut, sehingga kecerdasan otak kiri (kecermatan mengamati obyek) dan otak kanan (daya kreasi dan jiwa seni) akan terbimbing dengan seimbang. Selain itu dengan mewarnai gambar, akan semakin memantapkan pilihan mereka akan kejanggalan gambar yang mereka beri tanda (X).
Semoga sajian sederhana ini bisa menginspirasi sobat pembaca dalam mengemas metode pembelajaran anak  usia dini yang sesuai dengan psikologi anak usia dini sehingga segala aspek perkembangan anak bisa termbimbing dengan optimal.
Silakan menikmati sajian kami yang lainnya untuk semakin menginspirasi Anda, 
Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait