Cara Mudah Menggambar atau Sketsa Spiderman

Spider-Man (bahasa Indonesia: Manusia Laba-laba), adalah pahlawan super fiktif dari Marvel Comics yang diciptakan oleh penulis Stan Lee dan artis Steve Ditko. Ia pertama muncul dalam Amazing Fantasy (Agustus 1962). Ia telah menjadi salah satu pahlawan super yang paling terkenal di dunia.

Ketika Spider-Man pertama kali muncul di awal 1960-an, remaja di buku komik superhero biasanya terdegradasi ke peran sidekick ke protagonis. Serial Spider-Man memecahkan masalah dengan menampilkan Peter Parker, siswa SMA di balik identitas rahasia Spider-Man dan dengan “obsesi diri dengan penolakan, ketidakmampuan, dan kesepian” sehingga pembaca muda bisa berhubungan. Sementara Spider-Man memiliki semua bakat sidekick, tidak seperti pahlawan remaja sebelumnya seperti Bucky dan Robin, Spider-Man tidak memiliki mentor superhero seperti Captain America dan Batman; dengan demikian dia harus belajar untuk dirinya sendiri bahwa “dengan kekuatan besar di sana juga harus ada tanggung jawab yang besar”– sebuah garis yang termasuk dalam kotak teks di panel akhir cerita Spider-Man yang pertama namun kemudian secara surut dikaitkan dengan wali mereka, mendiang Paman Ben.

Spider-Man adalah salah satu superhero paling populer dan sukses secara komersial. Sebagai karakter unggulan Marvel dan maskot perusahaan, ia telah muncul dalam bentuk yang tak terhitung jumlahnya dari media, termasuk beberapa serial televisi animasi dan live-action, sindikasi strip koran komik, dan dalam serangkaian film. Karakter ini pertama kali digambarkan dalam live action oleh Nicholas Hammond dalam film televisi Spider-Man pada tahun 1977. Dalam film, Spider-Man telah digambarkan oleh aktor Tobey Maguire (2002–2007) dan Andrew Garfield (2012–2014), sementara Tom Holland menggambarkan karakter di Marvel Cinematic Universe, pertama kali muncul di Captain America: Civil War pada tahun 2016. Reeve Carney membintangi sebagai Spider-Man di musikal broadway yang berjudul Spider-Man 2010: Turn Off the Dark. Spider-Man telah diterima dengan baik sebagai superhero dan karakter buku komik dan biasanya peringkat sebagai salah satu karakter buku terbesar komik sepanjang masa bersama DC Comics karakter seperti Batman dan Superman.

Oke Kawan, inilah tutorial super praktis untuk menggambar Spider-Man, selamat menikmati Kawan….

Intro: Mulailah dengan sketsa pensil. Pada tahap awal, jangan menekan terlalu keras. Gunakan goresan ringan dan ringan untuk membuat sketsa.

Langkah 1: Buat lingkaran kecil di dekat bagian atas halaman sebagai panduan untuk kepala Spider-Man. Pertama menggambar empat tanda kecil untuk tinggi dan lebar lingkaran, lalu hubungkan tanda dengan garis melengkung. Jangan khawatir jika lingkarannya tidak sempurna. Ini hanya panduan. Jika Anda tetap menyukai lingkaran yang sempurna, Anda bisa memakai tepi koin atau benda lain yang melingkar.

draw-spider-man-1-1558329
Langkah 1. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 2: Buat busur kecil di bawah kepala sebagai panduan untuk rahang dan dagu Spider-Man. Jangan menggambar busur terlalu rendah, jika tidak, Spidey Anda akan berakhir dengan dagunya yang besar.
draw-spider-man-2-6018196
Langkah 2. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 3: Buat garis vertikal di tengah kepala sebagai panduan untuk membantu Anda menempatkan fitur wajah Spider-Man. Tambahkan dua garis pendek di bawah kepala sebagai pemandu untuk leher.
draw-spider-man-3-5894621
Langkah 3. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 4: Gambarkan oval besar di bawah kepala sebagai panduan untuk dada Spider-Man. Perhatikan ukuran dada dalam kaitannya dengan kepala. Anda bisa menggambar oval lebih besar untuk dada yang lebih besar, tapi Spidey seharusnya lebih ramping dari karakter lain, seperti Hulk, misalnya. Tambahkan garis melengkung di dekat bagian tengah oval untuk pembagian bagian dada.
draw-spider-man-4-2071817
Langkah 4. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 5: Gambarlah bagian tengah badan dengan menggunakan serangkaian garis. Gunakan dua garis vertikal miring sedikit untuk sisi dan garis horizontal melengkung untuk bagian bawah. Tambahkan garis vertikal di bagian tengah yang terhubung dengan garis tengah dari dada Spider-Man.
draw-spider-man-5-4488670
Langkah 5. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 6: Gambarlah bentuk seperti pentagon di bawah bagian tengah tubuh bagian belakang Spider-Man. Gambarkan dua garis vertikal pendek untuk sisi, lalu tambahkan garis berbentuk V lebar di bagian bawah.
draw-spider-man-6-1144304
Langkah 6. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 7: Gambarlah bagian atas lengan Spider-Man dengan menggunakan serangkaian bentuk. Pertama, tarik setengah lingkaran di kedua sisi badan, di bagian atas, sebagai panduan untuk bahu. Kemudian tarik garis berbentuk U di bawah masing-masing setengah jari sebagai panduan untuk bagian tengah lengan atau bisep. Anda bisa membuat bentuk ini lebih besar tapi ingat bahwa Spider-Man adalah salah satu karakter yang lebih ramping.
draw-spider-man-7-9515606
Langkah 7. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 8: Sekarang ambil panduan untuk bagian bawah lengan Spider-Man dengan menggunakan lebih banyak bentuk dan garis. Pertama menggambar sebuah oval kecil di setiap sisinya untuk bagian atas lengan bawah. Kemudian tarik bagian lengan bawah sebagai bentuk seperti persegi panjang yang sejajar dengan bagian bawah batang tubuh. Sekarang tambahkan lingkaran kecil di ujung masing-masing lengan sebagai pemandu untuk kepalan tangan.
draw-spider-man-8-5543063
Langkah 8. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 9: Buatlah panduan untuk bagian atas kaki dengan terlebih dahulu menggambar dua garis berbentuk U panjang di bawah badan. Garis berbentuk U di sebelah kanan harus sedikit lebih lebar dari yang ada di sebelah kiri karena sudut pandangnya. Di bawah setiap garis berbentuk U, gambarlah lingkaran kecil sebagai panduan untuk lutut.
draw-spider-man-9-6327689
Langkah 9. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 10: Sekarang ambil panduan untuk bagian bawah kaki dengan menggunakan lebih banyak bentuk dan garis. Pertama, tarik garis berbentuk U kecil di bawah masing-masing lutut untuk otot betis. Di bawah setiap garis berbentuk U, gambarlah dua garis vertikal untuk bagian bawah kaki. Gambarlah bentuk seperti segitiga di bagian bawah kaki sebagai panduan untuk kaki yang mengarah ke luar. Panduan untuk kaki lainnya terdiri dari dua garis vertikal dan garis horisontal pendek karena kaki akan mengarah ke depan.
draw-spider-man-10-3840507
Langkah 10. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Di bawah ini untuk panduan sketsa! Untuk langkah selanjutnya, gunakan garis yang lebih gelap untuk gambar yang telah selesai.

draw-spider-man-initial-sketch-9828830
Panduan Sketsa
Anda juga bisa menggunakan ini sebagai template dasar untuk karakter lain yang memiliki tipe dasar tubuh yang sama, seperti Daredevil atau Flash.
Langkah 11: Buat sketsa ringan dua segitiga kecil di kepala sebagai dasar mata pada topeng Spider-Man. Gunakan garis awal sebagai panduan untuk penempatan segitiga. Bila Anda mendapatkan penempatan dan ukuran mata dengan benar, semakin gelap garis. Ikuti jalan dasar segitiga tapi jadikan tepi bawah curvier saat Anda menggelapkan garis. Sudut paling atas setiap mata harus diakhiri dengan titik runcing.
draw-spider-man-11-6894975
Langkah 11. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Buat garis besar mata lebih tebal dan lebih gelap untuk penekanan lebih. Seniman yang berbeda bisa menarik mata Spidey lebih besar atau lebih kecil. Itu semua tergantung gaya masing-masing. Anda bisa Anda menggambar mata Spider-Man  yang lebih besar atau lebih kecil jika Anda mau.
Langkah 12: Gunakan lingkaran awal dan busur sebagai panduan untuk menggambar garis besar kepala. Ikuti tepi luar dasar panduan saat Anda menggelapkan garis untuk membentuk kepala Spider-Man. Gunakan sudut yang lebih menonjol untuk menekankan bentuk rahang dan dagu.
draw-spider-man-12-9066581
Langkah 12. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 13: Gambarlsh bagian atas anyaman topeng itu sebagai rangkaian garis di kepala Spider-Man. Pertama menggelapkan garis konstruksi vertikal, lalu tambahkan garis diagonal seri di kedua sisinya. Barisnya seharusnya terlihat seperti huruf V yang semakin melebar. Pastikan garis-garis ini tidak tumpang tindih dengan bentuk mata.
draw-spider-man-13-8882142
Langkah 13. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 14: Sekarang ambil bagian bawah anyaman topeng menggunakan lebih banyak baris. Pertama, tarik beberapa garis yang mirip dengan huruf terbalik di bawah mata Spider-Man. Kemudian gambar lebih banyak garis dengan orientasi diagonal di kedua sisinya.
draw-spider-man-14-4729639
Langkah 14. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 15: Antara setiap garis diagonal, gambarlah garis melengkung kecil untuk melengkapi anyaman di bagian atas topeng Spider-Man.
draw-spider-man-15-7811808
Langkah 15. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 16: Tambahkan garis melengkung kecil di sela garis di bagian bawah topeng Spider-Man juga.
draw-spider-man-16-2252803
Langkah 16. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 17: Gunakan bentuk di bawah kepala sebagai panduan untuk menarik bagian atas batang tubuh Spider-Man. Ikuti garis dasar pemandu saat Anda menggelapkan garis untuk menciptakan bentuk leher dan bahu. Garis yang menghubungkan leher ke bahu harus ditarik sedikit lebih tinggi untuk menunjukkan otot trapezius. Gambarlah dua garis horizontal di dekat tepi atas bentuk oval awal untuk tulang selangka Spider-Man. Tambahkan beberapa garis diagonal di bawah kepala untuk otot leher. Gambarlah bentuk dada dengan menggunakan oval awal sebagai panduan. Gambarlah beberapa garis di dekat tepi bawah oval awal untuk otot-otot dada.
draw-spider-man-17-8036756
Langkah 17. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 18: Gunakan garis awal dan bentuk sebagai panduan untuk menggambar bagian bawah badan. Ikuti dasar panduan saat Anda menggelapkan garis untuk menciptakan bentuk tubuh. Gambarlah beberapa garis di bawah dada Spider-Man untuk bagian bawah tulang rusuk. Tambahkan beberapa garis vertikal di dekat tengah untuk abs. Abs tidak dipertegas karena Spidey bukanlah karakter yang terlalu berotot, seperti Colossus, misalnya.
draw-spider-man-18-2471731
Langkah 18. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 19: Gunakan bentuk di sisi kanan sebagai panduan untuk menggambar lengan Spider-Man. Garis untuk bahu harus masuk ke dalam sedikit untuk menciptakan bentuk otot. Buat bagian tengah lebih lebar dari pada pemandu untuk membuat bentuk siku. Gambarlah tinju menggunakan lingkaran di bawah sebagai panduan tapi gambarlah beberapa garis melengkung di sisi kiri jari terlipat.
draw-spider-man-19-8800699
Langkah 19. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 20: Gunakan bentuk di sisi lain untuk menggambar lengan di sebelah kiri dengan cara yang sama. Cukup gelap tepi luar panduan dan pastikan Anda membuat sambungan siku lebih lebar dari pada pemandu. Gunakan lingkaran bawah sebagai panduan untuk menggambar tinju Spider-Man tapi kali ini menarik garis untuk jari terlipat di sisi kanan.
draw-spider-man-20-3479475
Langkah 20. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 21: Gunakan garis berbentuk U di bawah badan sebagai panduan untuk menggambar bagian atas kaki Spider-Man. Saat Anda menggelapkan bentuk luar dari kaki, tambahkan beberapa garis yang masuk ke dalam untuk menekankan struktur otot. Buat garis tonjolan keluar, lalu masuk ke dalam saat Anda menggelapkannya untuk menciptakan otot. Gunakan gambar di atas sebagai referensi untuk menentukan di mana garis untuk otot harus tampak.
draw-spider-man-21-3859518
Langkah 21. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 22: Gunakan bentuk yang tersisa sebagai panduan untuk menggambar bagian bawah kaki dan kaki Spider-Man. Cukup menggelapkan tepi luar panduan untuk menciptakan bentuk kaki. Gambarkan kaki di sisi kanan dengan cara yang sama. Buat garis untuk lutut dan pergelangan kaki menonjol sedikit. Anda bisa menggunakan ini sebagai template tubuh dasar (minus kepala) untuk karakter lain yang memiliki tipe tubuh serupa, seperti Iceman atau Deadpool.
draw-spider-man-22-2415957
Langkah 22. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 23: Gambarlah bagian pertama desain kostum Spider-Man dengan menggunakan beberapa baris secara langsung di atas tubuh. Gambarkan logo di dada dengan terlebih dahulu menggambar berlian kecil di atas berlian yang sedikit lebih besar untuk tubuh spider. Kemudian tariklah empat garis siku yang keluar dari tengah tubuh dan keempatnya mengarah ke bawah.
draw-spider-man-23-1697495
Langkah 23. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Sekarang gambarlah garis besar desain yang memisahkan warna merah dari warna biru kostum Spider-Man. Garis ini dimulai di bahu, lalu melengkung di sisi dada dan berakhir di perut. Dua garis di batang tubuh harus membentuk bentuk V. Buat garis membungkuk untuk berkontur ke tubuh. Tambahkan garis horizontal di bagian bawah untuk membentuk strip yang tampak seperti sabuk di bawah perut. Garis di sebelah kanan harus terus turun ke lengan untuk membuat desain mirip sarung tangan di lengan bawah. Tambahkan baris di sisi lain juga. Gambarkan beberapa garis melengkung di bagian atas tulang kering untuk desain seperti boot di bagian bawah.
Langkah 24: Buat serangkaian garis vertikal di dalam desain sebelumnya untuk bagian pertama anyaman. Perhatikan jarak garis vertikal. Jangan terlalu lebar atau terlalu sempit. Tekuk garis saat Anda menarik mereka untuk berkontur dengan bentuk otot Spider-Man.
draw-spider-man-24-3709421
Langkah 24. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Gunakan gambar di atas sebagai referensi untuk menentukan dengan tepat di mana setiap garis vertikal harus ditarik. Garis vertikal harus meregang sampai ke bagian sarung tangan seperti kepalan dan tangan. Garis di bagian boot seperti seharusnya melengkung ke arah ujung dan sedikit lebih lebar dari ujungnya. Proses ini bisa sangat menyita waktu, jadi Anda harus bersabar.
Langkah 25: Selesaikan anyaman Spider-Man dengan menggambar serangkaian garis melengkung kecil di antara garis vertikal. Garis kecil harus serupa bentuknya dengan huruf U lebar dan terbalik . Perhatikan jarak antar garis. Tidak apa-apa jika garis tumpang tindih.
draw-spider-man-25-9717107
Langkah 25. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Pastikan tumpang tindih logo laba-laba di dada dengan anyaman. Anyaman bisa memakan waktu untuk menggambar, tapi memberi Spider-Man salah satu desain kostum terbaik. Menambah garis melengkung kecil cukup sederhana, tapi butuh waktu yang sangat lama, jadi bersabarlah dan istirahatlah. Anda dapat menambahkan anyaman ke bagian terpisah sekaligus untuk memecah proses.
Langkah 26: Untuk proses lebih lanjut, hati-hati melewati akhir  garis sketsa dengan pena atau spidol. Anda harus menelusuri kembali setiap bagian anyaman lagi!
draw-spider-man-26-7310688
Langkah 26. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah 27: Setelah tinta mengering, hapus sketsa dari pensil dengan penghapus untuk gambar yang lebih bersih.
draw-spider-man-27-3518481
Langkah 27. Cara Mudah Menggambar Spiderman
Langkah Akhir: Mewarnai gambar Spider-Man Anda dengan menggunakan pensil warna, spidol, atau bahkan krayon! Warna pertama bagian anyaman merah. Tambahkan beberapa warna biru tua dan hitam ke beberapa bagian kostum lain untuk menekankan bagian biru mengkilap. Anda juga bisa menggambar bagian non-anyaman polos biru untuk menggambar lebih mudah. Tambahkan biru ke bagian kostum yang tidak anyaman. Gunakan sedikit coklat di bagian anyaman untuk menekankan bayang-bayang.

draw-spider-man-last-7507184
Hasil akhir dari Cara Mudah Menggambar atau Sketsa Spiderman
Very fantastis Kawan, tentu dengan tutorial ini, semangat & imajinasi Anda makin membara, jangan lewatkan tutorial asyik lainnya :

Juga tutorial super simpel menggambar berbagai tokoh komik yang lainnya. Terimakasih atas kunjungan Anda.

Pos terkait