Cara Mudah Sketsa atau Menggambar Superman

Dalam bahasa Inggris, Superman juga dikenal sebagai “The Man of Steel” (“Manusia Baja”) “The Man of Tomorrow” (“Pria Masa Depan”) dan “The Last Son of Krypton” (“Putra Terakhir Planet Krypton”). Superman diberikan julukan oleh teman pahlawan super sejawatnya dengan julukan “The Big Blue Boy Scout” (“Anak Pramuka Lelaki yang Biru Besar”),
Diciptakan oleh seorang seniman Kanada, Joe Shuster, dan penulis Amerika Serikat Jerry Siegel pada tahun 1932 saat mereka masih remaja di Cleveland, Ohio dan kemudian menjualnya kepada Detective Comics, Inc. pada 1938. Superman pertama kali muncul dalam serial Action Comics (“Komik Aksi”) edisi #1 di Amerika Serikat (30 Juni 1938) dan kemudian juga muncul di berbagai serial drama radio, acara televisi, film layar lebar, surat kabar, komik, novel, dan permainan video berbahasa Inggris. Dengan kesuksesan petualangannya, Superman membantu menciptakan ragam pahlawan super dan populernya buku-buku komik Amerika Serikat.

Intro: Mulailah dengan sketsa pensil. Pada tahap awal, jangan menekan terlalu keras. Gunakan goresan ringan dan ringan untuk membuat sketsa.

Langkah 1: Buat lingkaran kecil di dekat bagian atas halaman sebagai panduan untuk kepala Superman. Pertama menggambar empat tanda kecil untuk tinggi dan lebar lingkaran, lalu hubungkan tanda dengan garis melengkung. Lingkaran hanyalah sebuah panduan dan tidak perlu sempurna, tapi jika Anda menginginkan lingkaran sempurna, cukup telusuri garis tepi koin atau benda melingkar lainnya. Gambarlah busur U berbentuk kecil di bawah kepala sebagai panduan untuk rahang Superman dan dagu. Jangan menggambar busur terlalu rendah.

draw-superman-body-1-252812529-1675424
Langkah 1. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 2: Buat garis vertikal di seluruh kepala sebagai panduan untuk membantu Anda menempatkan fitur wajah Superman. Tambahkan dua garis kecil di bawah kepala sebagai panduan untuk leher. Gambarlah oval besar di bawah kepala sebagai panduan untuk dada. Perhatikan ukuran dada dalam kaitannya dengan kepala. Sketsa ringan pada awalnya untuk melakukannya dengan benar. Superman adalah karakter berukuran sedang, jadi jangan membuat oval terlalu besar.

draw-superman-body-2-9283683
Langkah 2. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 3: Gambarlah bagian tengah tubuh Superman dengan menggunakan serangkaian garis di bawah oval. Gunakan dua garis vertikal miring sedikit untuk sisi dan garis horizontal melengkung untuk bagian bawah. Gambarlah bentuk seperti pentagon di bawah bagian tengah tubuh bagian bawah. Gambarkan dua garis vertikal pendek untuk sisi, lalu tambahkan garis berbentuk V lebar di bagian bawah.

draw-superman-body-3-3605203
Langkah 3. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 4: Gambarlah setengah lingkaran kecil di sisi kiri atas badan sebagai panduan untuk bahu pertama. Tambahkan garis melengkung berbentuk U di bawah setengah lingkaran sebagai panduan untuk bisep di sebelah kiri. Di sisi kanan, tarik panduan untuk bisep Superman pertama sebagai setengah lingkaran di dekat bagian bawah dada. Kemudian gambarlah garis melengkung pendek di atas setengah lingkaran sebagai panduan untuk bahu lainnya.

draw-superman-body-4-2876895
Langkah 4. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 5: Gambarlah sebuah oval kecil di bawah garis berbentuk U di sisi kiri sebagai panduan untuk bagian atas lengan bawah. Gambarlah bagian lengan bawah oval kecil dengan menggunakan serangkaian garis pendek. Buat lingkaran kecil di ujung lengan sebagai panduan kepalan tangan Superman. Di sisi kanan bawah tubuh, pertama menggambar lingkaran kecil sebagai panduan kepalan tangan. Kemudian hubungkan tinju ke bisep menggunakan dua garis melengkung untuk membuat panduan lengan bawah di sebelah kanan.

draw-superman-body-5-9608072
Langkah 5. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 6: Di bawah badan, di sisi kiri, gambar busur U berbentuk panjang sebagai panduan untuk bagian atas kaki. Superman adalah karakter yang tinggi, jadi jangan menggambar panduan ini terlalu pendek. Gambarkan lagi garis berbentuk U yang panjang di sebelah kanan kaki lainnya. Panduan ini harus sedikit lebih miring. Di bawah setiap kaki, gambar lingkaran kecil sebagai panduan untuk lutut Superman.

draw-superman-body-6-9867119
Langkah 6. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 7: Di bawah lingkaran di sebelah kiri, gambarlah garis berbentuk U lainnya sebagai panduan untuk otot betis Superman. Gambarlah busur yang lebih kecil dan tipis di bawahnya sebagai panduan untuk bagian kaki yang paling rendah. Dengan menggunakan serangkaian garis miring, gambar panduan untuk kaki di bagian bawah kaki. Di bawah lingkaran di sebelah kanan, gambarlah garis melengkung lainnya untuk bagian bawah kaki. Baris ini harus miring ke belakang kaki pertama. Sekarang tarik panduan untuk kaki yang lain dengan menggunakan garis yang lebih siku. Kaki harus menunjuk ke bawah untuk menunjukkan bahwa Superman mengambang.

draw-superman-body-7-4092954
Langkah 7. Cara Mudah Menggambar Superman

Itu untuk panduan! Untuk langkah selanjutnya, gunakan garis yang lebih gelap untuk gambar yang lebih selesai.

Langkah 8: Di dekat bagian tengah seluruh bentuk kepala, gambar dua garis tebal untuk alis Superman. Tepi luar alis harus menyentuh tepi bawah lingkaran utama. Tepi bagian dalam harus sangat dekat dengan garis vertikal. Sketsa ringan pada awalnya, lalu menggelapkan garis saat Anda mendapatkan penempatan dan bentuk yang tepat. “Shade” di alis. Bentuk akhir harus serupa dengan tanda centang terbalik.

draw-superman-body-8-6926546
Langkah 8. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 9: Menggambar mata Superman di bawah alis dengan terlebih dahulu menggambar garis melengkung di dekat tepi luar untuk sisi mata. Kemudian gambar setengah lingkaran di bawah bagian tengah alis mata untuk iris. Tambahkan tepi bagian dalam mata sebagai garis melengkung kecil di dekat tengah. Anda bisa menghilangkan tepi bawah mata atau menambahkannya. Itu tergantung gaya pribadi. Tambahkan garis di bawah setiap mata untuk lebih banyak karakter.

draw-superman-body-9-4031030
Langkah 9. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 10: Gambarkan hidung Superman di bawah tepi bawah lingkaran awal. Pertama, menarik garis yang mirip dengan huruf V yang lebar untuk bagian bawah hidung. Tambahkan garis kecil di setiap sisinya untuk sisi hidung dan satu di tengah untuk ujungnya. Merasa bebas untuk mengubah sesuatu pada gambar Anda, seperti membuat hidung lebih sempit atau lebih tinggi. Bermain-main dengannya. Tambahkan dua garis di dekat bagian atas, di dekat mata, untuk jembatan hidung Superman.

draw-superman-body-10-1691165
Langkah 10. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 11: Buat garis horisontal panjang di bawah hidung untuk mulut. Anda bisa membuat bibir bagian atas lebih tebal dengan membuat garis lebih tebal jika Anda mau. Gambarlah garis yang lebih pendek di bawah untuk mewakili bibir bagian bawah.

draw-superman-body-11-3481678
Langkah 11. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 12: Gambarkan bagian depan rambut Superman dengan menggunakan serangkaian garis melengkung. Pertama, menggambar garis berbentuk S di dekat tengah untuk ikal klasik. Gambarlah garis melengkung di sebelah kiri untuk membuat curl lebih tebal. Tambahkan lebih banyak garis melengkung di sebelah kiri untuk garis rambut. Gambarkan garis melengkung yang lebih panjang di sisi kanan curl untuk sisi lain dari garis rambut. Sekarang gambar garis vertikal sedikit melengkung di kedua sisi kepala untuk sisi rambut. Gunakan garis awal sebagai panduan.

draw-superman-body-12-1440268
Langkah 12. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 13: Gunakan lingkaran awal sebagai panduan untuk menarik bagian atas rambut Superman. Ikuti jalur dasar lingkaran tapi buat garis lebih miring saat Anda menggelapkannya. Garis harus diakhiri pada satu titik di kedua sisi kepala untuk membuat cambang.

draw-superman-body-13-8075439
Langkah 13. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 14: Gunakan garis berbentuk U awal sebagai panduan untuk menarik rahang dan dagu Superman. Ikuti jalan dasar panduan tapi buat bentuk yang lebih tajam untuk menekankan tulang pipi dan rahang. Buat dagu datar juga dan tambahkan garis melengkung di kedua sisi kepala untuk telinga. Garis melengkung harus dekat dengan kepala. Jika mereka melengkung terlalu banyak, Supes akan berakhir dengan telinga yang besar.

draw-superman-body-14-7017885
Langkah 14. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 15: Gambarkan simbol Superman dengan terlebih dahulu menggambar garis horizontal di dekat bagian atas dada. Kemudian gambarlah garis diagonal pendek yang menunjukkan, di kedua ujung garis pertama. Sambungkan garis diagonal menggunakan garis berbentuk V lebar di bagian bawah. Titik paling bawah harus keluar dari oval awal sedikit.

draw-superman-body-15-7337047
Langkah 15. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 16: Sekarang ambil bagian atas S di dalam pelukan Superman dengan menggunakan beberapa garis melengkung. Pertama, tariklah bentuk persegi panjang tipis di sisi kiri perisai yang sejajar dengan garis diagonal pendek. Sekarang gambarlah beberapa garis miring di sisi kanan perisai. Lalu tambahkan garis lengkung oval panjang di tengah perisai. Tinggalkan ruangan yang cukup di bagian bawah untuk sisa S. Bentuk ini agak rumit, jadi luangkan waktu Anda.

draw-superman-body-16-8453429
Langkah 16. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 17: Gambarlah sisa S di perisai dengan menggambar segitiga kecil di bagian atas. Sekarang gambarkan bentuk ganjil untuk bagian bawah S yang terdiri dari garis melengkung. Sekali lagi bentuk ini aneh, jadi tolong jeda video agar bisa melakukannya dengan benar. Intinya S melekat pada tepi luar perisai Superman. Tambahkan segitiga kecil lainnya di bagian bawah untuk menyelesaikan yang membentuk S di dalam perisai.

draw-superman-body-17-6391051
Langkah 17. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 18: Gunakan oval awal di bawah kepala Superman sebagai panduan untuk menarik bagian atas badan. Pertama menggelapkan garis leher. Untuk “collarbones”, tarik dua garis horizontal di bawah leher yang sedikit miring. Tambahkan dua garis yang lebih kecil langsung di bawah kepala untuk otot leher. Gambarkan dada Superman dengan menggelapkan tepi bawah oval awal dengan menggunakan garis siku dan garis di tengah S. Tidak masalah menggambar secara langsung di atas simbol S. Ini membantu menentukan otot “pectoral”.

draw-superman-body-18-8980563
Langkah 18. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 19: Gunakan bentuk oval awal sebagai panduan untuk menarik bagian atas jubah Superman. Garis untuk bagian atas jubah harus dimulai pada tulang selangka dan melengkung di atas bentuk oval awal. Tambahkan beberapa garis di dalam bentuk lipatan pada kain cape. Gambarkan bagian atas tanjung di sisi kanan dengan cara yang sama. Mulailah di dasar tulang selangkang, lalu luruskan garis di atas bahu dan leher.

draw-superman-body-19-8145947
Langkah 19. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 20: Gunakan garis di bawah dada sebagai panduan untuk menarik bagian bawah badan. Ikuti jalan dasar panduan tapi sudutkan garis sedikit lebih seperti Anda menggelapkan mereka untuk membuat bagian atas lebih lebar. Gambarlah dua garis diagonal di dekat bagian atas bagian tengah bagian bawah sangkar tulang rusuk. Sekarang, tariklah serangkaian garis pendek dan melengkung di bawah tulang rusuk untuk otot perut Superman. Jangan menutup bentuk otot masing-masing. Tinggalkan beberapa celah sehingga tidak terlihat terlalu kencang.

draw-superman-body-20-3578743
Langkah 20. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 21: Gambarkan sabuk Superman dengan terlebih dahulu menggambar gesper sebagai oval kecil di bawah perut. Sekarang tarik sabuk sebenarnya sebagai bentuk persegi panjang kecil di kedua sisi gesper. Gambarlah dua bentuk persegi panjang yang lebih kecil di kedua sisi untuk membuat loop belt. Gunakan bentuk seperti pentagon di bawah ikat pinggang sebagai panduan untuk menarik underoosnya. Ikuti jalan dasar panduan tapi gariskan garis lebih banyak saat Anda membuat gelapnya.

draw-superman-body-21-2612636
Langkah 21. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 22: Gunakan bentuk awal di sisi kiri tubuh untuk menarik lengan. Gelap tepi luar setengah lingkaran awal untuk membuat bahu. Tambahkan beberapa garis di dalam untuk otot. Cukup ikuti jalan panduan dan menggelapkan tepi luar bentuk untuk menciptakan lengan. Tambahkan beberapa garis dalam bentuk lengan untuk menekankan struktur otot Superman. Buat garis di bagian bawah untuk lengan baju.

draw-superman-body-22-7226952

Langkah 23: Gunakan lingkaran awal sebagai panduan untuk menarik kepalan tangan Superman. Ikuti jalan lingkar tapi buat tinju lebih kecil dan lebih miring. Gambarlah garis kecil yang mirip dengan huruf miring U di sisi kanan bagian ibu jari yang terlihat. Gambarlah serangkaian garis pendek diagonal di tepi bawah lingkaran awal untuk bagian jari terlipat yang terlihat. Di atas setiap garis, gambarlah sebuah garis kecil yang melengkung untuk mewakili buku-buku jari yang menonjol. Gambarkan beberapa garis pendek dalam bentuk tangan untuk menunjukkan tendon.

draw-superman-body-23-7025346
Langkah 23. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 24: Gunakan bentuk di sisi kanan tubuh sebagai panduan untuk menarik lengan Superman yang lain. Hanya menggelapkan tepi luar panduan untuk menciptakan bentuk lengan. Tambahkan beberapa garis di dalam bentuk lengan untuk menunjukkan otot yang tertekuk.

draw-superman-body-24-6858915
Langkah 24. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 25: Gunakan lingkaran kecil sebagai panduan untuk menarik kepalan tangan Superman. Pertama menggambar garis berbentuk U di bagian atas untuk ibu jari yang akan dilipat di atas jari lainnya. Buatlah serangkaian garis melengkung di sisi kanan buku-buku jari. Di dalam bentuknya, gambarlah beberapa garis melengkung untuk jari terlipat. Jari-jari di bagian atas akan berada di belakang jempol, jadi hanya menggambar beberapa garis kecil untuk mewakilinya.

draw-superman-body-25-1079907
Langkah 25. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 26: Gunakan bentuk di bagian bawah, kiri sebagai pemandu untuk menggambar kaki pertama. Saat Anda turun ke lutut, buat bentuknya lebih tipis dari lingkaran aslinya. Untuk sisa kaki Superman, pada dasarnya menggelapkan bagian luar panduan untuk menciptakan bentuknya.

draw-superman-body-26-9609554
Langkah 26. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 27: Gunakan beberapa garis panjang dalam bentuk atas kaki untuk otot Superman. Tambahkan beberapa garis kecil di dekat tengah untuk menekankan tempurung lutut yang menonjol. Tempurung lutut terdiri dari dua bentuk oval setengah berbentuk di atas satu sama lain. Di bawah lutut, tarik dua garis yang memiliki sudut berbentuk V di bagian tengah untuk bagian atas boot.

draw-superman-body-27-4094761
Langkah 27. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 28: Gunakan bentuk di sisi kanan bawah bodi sebagai panduan untuk menarik kaki Superman yang lain. Menggelapkan tepi luar panduan untuk menciptakan bentuk kaki tapi menarik beberapa garis yang masuk ke dalam untuk otot-otot. Sebagian kaki akan berada di belakang kaki pertama, jadi jangan tumpang tindih garis.

draw-superman-body-28-3041471

Langkah 29: Gambarlah beberapa garis dalam bentuk kaki di bagian atas untuk otot Superman. Tambahkan beberapa garis siku yang lebih pendek dan tebal di dalam lingkaran awal untuk tempurung lutut. Gunakan tepi bawah lingkaran awal sebagai panduan untuk menarik bagian atas boot

draw-superman-body-29-6756804
Langkah 29. Cara Mudah Menggambar Superman
Langkah 30: Gunakan serangkaian garis bergelombang yang sangat panjang di kedua sisi tubuh Superman untuk mewakili jubah di belakangnya. Bentuk di sebelah kiri harus serupa dengan segitiga bergelombang untuk menunjukkan jubah lipat di atas dirinya sendiri. Gambarkan garis bergelombang yang sama di sisi kanan bodi untuk ujung lain dari jubah.

draw-superman-body-30-5721426
Langkah 30. Cara Mudah Menggambar Superman

Jubah Superman tidak boleh terlalu pajang, jadi jangan menggambarnya melewati kaki. Anda bahkan bisa membuatnya lebih pendek dari itu. Sekarang ambil bagian bawah jubah dengan garis melengkung. Tambahkan juga beberapa garis vertikal dalam bentuknya. Garis vertikal mewakili kain bergelombang di angin. Semakin banyak garis yang Anda tambahkan, semakin banyak lipatan yang akan muncul pada tanjung. Untuk jubah yang lebih sederhana, cukup menggambar garis diagonal di kedua sisi bodi dan garis horizontal di bagian bawah.

Langkah 31: Untuk tampilan tinta yang lebih lengkap, hati-hati melewati garis sketsa akhir dengan pena atau spidol.

draw-superman-body-31-8149412
Langkah 31. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah 32: Setelah tinta, singkirkan setiap tanda pensil dengan penghapus untuk gambar yang lebih bersih.

draw-superman-body-32-9382503
Langkah 32. Cara Mudah Menggambar Superman

Langkah Akhir: Warnai gambar Superman Anda dengan menggunakan pensil warna, spidol, atau bahkan krayon! Warna rambut hitam tapi biarkan beberapa garis-garis kosong untuk mewakili bersinar. Tambahkan sedikit biru ke garis-garis. Gunakan coklat muda untuk menciptakan beberapa bayangan pada kulit. Warna sisa persik kulit. Gunakan coklat tua untuk menciptakan bayangan di bagian merah kostum Superman. Untuk menggambar lebih mudah, cukup warna bagian ini merah, tanpa bayangan. Tambahkan warna merah pada S, celana dalam, sepatu bot dan jubahnya. Warna kanan di atas coklat membuat bagian ini lebih gelap.

draw-superman-body-last-7262331
Langkah Akhir Cara Mudah Menggambar Superman

Gunakan warna biru gelap untuk bayang-bayang di atas kostum Superman. Warna sisa kostum biru tapi cerah, gunakan warna di sekitar tengah otot untuk memberi mereka dimensi lebih. Gunakan kuning untuk area kosong pada S dan untuk sabuk. Tambahkan sedikit lebih coklat ke bagian merah untuk bayangan yang lebih kuat.

Terimakasih atas kunjungan Anda, silakan berkunjung ke tutorial lainnya :

Juga Tutorial super mudah menggambar berbagai karakter Komik yang lainnya.

Pos terkait