25 Gambar Ilustrasi Hewan Yang Mudah Digambar

Gambar Ilustrasi
Contoh gambar ilustrasi hewan

Hewan adalah salah satu obyek yang paling sering dijadikan inspirasi untuk menggambar. Dalam menggambar ilustrasi kita sering melihat banyak bermacam-macam jenis di jadikan sebagai obyek ilustrasi. Gambar Ilustrasi hewan merupakan salah satu jenis gambar ilustrasi dengan obyek binatang sebagai bahan ilustrasi.

Pengertian gambar ilustrasi adalah sebuah karya seni rupa dua dimensi dengan tujuan memperjelas atau menggambar isi sebuah karangan atau teks agar lebih menarik. Untuk mempelajari lebih lanjut silahkan baca artikel kami berjudul Gambar Ilustrasi.

Bacaan Lainnya

Gambar ilustrasi Hewan

Gambar ilustrasi memiliki bermacam-macam jenis seperti gambar ilustrasi komik, gambar ilustrasi kartun, gambar ilustrasi vignette, dll. Untuk mengenal lebih lengkap mengenai jenis-jenis gambar ilustrasi anda dapat melihat artikel kami yang berjudul : Jenis Gambar Ilustrasi.

Salah satu dari jenis tersebut adalah gambar hewan. Apa itu gambar ilustrasi hewan?

gambar ilustrasi hewan
Menggambar Kucing

Pasti kalian sering melihat sebuah karya ilustrasi yang indah dan membuat anda tertarik. Gambar-gambar tersebut dibuat oleh seorang yang dinamakan ilustrator. Orang yang membuat gambar ilustrasi yang menarik dan membuat banyak orang kagum dengan karyanya. Untuk membuat sebuah gambar ilustrasi yang baik semua orang pasti bisa asalkan mengerti dan memahami dengan baik cara menggambar dan macam gambar ilustrasi.

Gambar ilustrasi hewan adalah salah satu jenis gambar ilustrasi dengan hewan sebagai obyeknya untuk menggambarkan atau memperjelas isi sebuah teks cerita atau karangan sehingga memberikan kesan menarik bagi orang yang melihat.

Cara Menggambar Ilustrasi Hewan Yang Mudah

Semua orang pasti bisa menggambar asalkan memiliki niat untuk belajar dan berlatih. Selain itu kalian harus memiliki pengetahuan tentang langkah-langkah menggambar ilustrasi agar bisa menghasilkan karya yang baik. Berikut ini cara menggambar ilustrasi hewan yang mudah.

gambar ilustrasi hewan
Gambar Ilustrasi Hewan Siput
  • Menentukan Tema – Kalian harus menentukan tema yang akan digambar agar bisa menentukan jenis hewan apa nantinya yang akan kalian ilustrasikan. Dengan konsep yang baik makan akan menghasilkan sebuah karya yang menarik.
  • Menyiapkan alat dan bahan – Tentunya sebelum kalian mulai menggambar hewan pastikan alat dan bahan yang kalian gunakan harus sudah siap.
  • Membuat Sketsa Gambar – Sketsa gambar merupakan hal paling dasar yang harus kalian ketahui dalam membuat sebuah lukisan. Tujuan membuat sketsa adalah untuk mempermudah kalian dalam menggambar. Contohnya saat kalian menggambar hewan, sketsa gambar bisa berawal dari menggambar huruf dan angka yang nantinya akan menghasilkan gambar hewan yang bagus.
  • Menggambar dengan baik – Setelah kita membuat sketsa, langkah selanjutnya yaitu melengkapi sketsa tersebut agar menjadi sebuah gambar ilustrasi yang bagus.
  • Tahap Finishing atau pewarnaan – Pada tahap ini kita mewarnai gambar sudah kita buat dan mengevaluasi kekurangan gambar tersebut agar bisa menjadi karya yang sempurna.
contoh gambar ilustrasi
Gambar Ilustrasi Hewan

Jika kalian ingin membaca lebih lengkap tentang cara menggambar ilustrasi silahkan baca artike berjudul : Langkah Menggambar Ilustrasi

Gambar Ilustrasi Hewan Kesayangan

Kita pasti memiliki hewan kesayangan berbeda-beda. Kucing dan Anjing merupakan salah satu jenis hewan yang paling sering menjadi hewan kesayangan. Tentunya kita ingin menggambar hewan kesayangan, lalu bagaimana cara agar menghasilkan gambar ilustrasi hewan kesayangan yang bagus.

Cara Menggambar Ilustrasi Hewan Kucing

Kucing merupakan binatang kesayangan sebagian besar orang karena hewan ini sangat lucu dan menggemaskan. Berikut ini tutorial menggambar kucing.

gambar ilustrasi hewan
Sketsa gambar kucing
  1. Buatlah sketsa kepala dan tubuh kucing terlebih dahulu. Gambarlah sebuah lingkaran untuk membuat kepala kemudian buat garis menyilang vertikal dan horizontal di tengah kepala. Terakhir buat lingkaran besar berbentuk lonjong untuk gambar tubuh kucing.
  2. Langkah selanjutnya gambar mata menggunakan dua lingkaran kecil dan buatlah sketsa hidung dan mulut. Kemudian buat dua gambar berbentuk separuh buah almon yang menonjol di setiap sisi kepala kucing.
  3. Gambar garis sketsa anggota tubuh kucing. Pada bagian kaki belakang Kucing kalian bisa membuat bentuk lingkaran.
  4. Kemudian mengggambar ekornya, buatlah sketsa ekor dalam bentuk yang panjang dan melengkung.
  5. Setelah sketsa kepala terbuat, tebalkan matanya dan beri coretan untuk menggambar kumis. Kalian juga bisa menambahkan variasi pada leher kucing dengan tali leher.
  6. Pada sketsa tubuhnya, gambarlah sedikit detail untuk memberi efek berbulu.
  7. Langkah terakhir adalah mewarnai. Warnailah gambar kucing yang kalian buat dengan bagus agar menghasilkan karya yang menarik.
gambar ilustrasi hewan
Gambar Ilustrasi Kucing

Demikian tutorial menggambar kucing step by step, silahkan kalian coba menggambar sendiri sehingga menghasilkan gambar yang memuaskan.

gambar ilustrasi hewan
Gambar Kucing Berwarna

Cara Mengambar Ilustrasi Anjing

Anjing termasuk hewan kesayangan yang populer di eropa. Hampir setiap rumah memelihara anjing sebagai hewan kesayangan. Berikut ini cara menggambar anjing:

gambar ilustrasi hewan
Sketsa Gambar Anjing
  1. Buatlah lingkaran besar untuk menggambar kepala dan persegi panjang bersudut lengkung yang lebih kecil dan miring untuk badannya.
  2. Gambarlah sketsa untuk hidung dan mulut anjing pada lingkaran tersebut
  3. Kemudian Tambahkan garis-garis untuk membentuk wajah, hidung, telinga, tanduk kecil, mata dan mulut.
  4. Setelah sketsa kepala dan badan kemudian gambar sketsa untuk kaki dan ekor.
  5. Setelah sketsa jadi buatlah mulailah menggambar bentuk yang menyerupai anjing. Kalian bisa membuatnya terlihat berbulu normal, atau berbulu lembut sesuai keinginan.
  6. Lalu selesaikan gambar dengan cara menambahkan detail seperti bayangan dan garis-garis bulu.
  7. Langkah terakhir adalah finshing atau pewarnaan. Warnai gambar yang kalian buat sesuai keinginan sehingga menghasilkan karya yang bagus dan menarik.
gambar ilustrasi hewan
Menggambar anjing

Demikian cara menggambar ilustrasi anjing langkah demi langkah secara detail. Silahkan kalian praktekkan sendiri dengan menggambar sesuai keinginan kalian agar menghasilkan gambar yang memuaskan.

gambar ilustrasi hewan
Gambar ilustrasi anjing

Gambar Ilustrasi Hewan Vertebrata

Hewan vertebrata adalah sebutan hewan yang memiliki tulang belakang. Jenis hewan ini memiliki beberapa macam kelas seperti Reptilia, Mamalia, Aves, dll. Untuk menggambar ilustrasi hewan vertebrata kita harus mengetahui detail dan ciri khas hewan tersebut agar menghasilkan gambar yang baik.

Dibawah ini akan kami bahas langkah menggambar ilustrasi hewan vertebrata seperti kura-kura gajah, singa, burung, lumba-lumba, dll. Simak baik-baik agar kalian bisa mempraktekkan sendiri menggambar ilustrasi hewan yang kalian suka.

Gambar Ilustrasi Kura-Kura

Kura-kura termasuk hewan yang sering digambar oleh sebagian besar orang karena mudah untuk digambar. Berikut ini cara menggambar kura-kura:

gambar ilustrasi hewan
Menggambar ilustrasi kura-kura
  1. Gambarlah sebuah lingkaran terlebih dahulu untuk membentuk kura-kura.
  2. Kemudian hapus bagian bawah lingkaran dan gambar sebuah lingkaran kecil untuk menggambar bentuk kura-kura.
  3. Pada lingkaran kecil dan besar berilah garis dan kemudian buat garis lagi sebagai penghubung. (lihat gambar)
  4. Langkah selanjutnya buat gambar mata pada lingkaran kecil sehingga membentuk kepala kura-kura.
  5. Buatlah coretan melengkuh pada lingkaran kecil seolah emoticon tersenyum.
  6. Kemudian gambar lingkaran oval untuk membentuk kaki kura-kura. Kemudian buat lagi kaki yang sebelah.
  7. Berikan lengkungan pada kaki agar memberikan kesan sempurna pada kaki kura-kura.
  8. Buatlah aksen berbentuk lingkaran yang menyerupai kulit tempurung kura-kura pada lingkaran besar
  9. Terakhir tahap finishing, evaluasi gambar yang kalian buat dan tambahkan detail – detail agar gambar terlhiat sempurna.
gambar ilustrasi hewan
Tutorial menggambar kura-kura

Demikian cara menggambar ilustrasi kura-kura tahap demi tahap semoga membantu kalian dalam menggambar. Praktekkan sendiri agar menghasilkan karya yang memuaskan.

Gambar Ilustrasi Gajah

Gajah termasuk hewan yang banyak dikenali orang karena tubuhnya yang besar dengan ciri khas memiliki gading. Hal ini membuat gajah sering dijadikan obyek menggambar ilustrasi. Berikut ini cara menggambar gajah tahap demi tahap:

gambar ilustrasi hewan
Sketsa gambar gajah
  1. Gambarlah sebuah lingkaran dan bulatan lonjong besar yang melekat ke lingkaran tersebut.
  2. Gambar gading gajah dengan menggambar garis lengkung dan telinga dengan bentuk C terbalik lebar.
  3. Gambarkan tungkai gajah dengan menggambar satu set garis paralel.
  4. Buatlah mata gajah menggunakan lingkaran kecil dan alis menggunakan coretan kecil. Kemudian buat gigi menonjol besar dengan membuat garis melengkung dan terakhir buat sketsa berupa detail beberapa coretan pada bagian atas belalai gajah tersebut.
  5. Mulailah menggambar bentuk seluruh kepala dan telinga gajah.
  6. Gambar sketsa tubuh dan anggota badan gajah dengan membuat garis bentuk yang telah digambar sebelumnya.
  7. Buatlah ekor dengan dua garis lengkung dan sedikit rambut di ujung ekornya.
  8. Gambar detail kuku gajah berupa garis lengkung
  9. Terakhir berilah warna pada gambar gajah yang telah kalian buat agar terlihat menarik dan bagus.
gambar ilustrasi hewan
Gambar Ilustrasi Gajah

Gambar Ilustrasi Singa

Singa termasuk hewan yang sering dijadikan obyek menggambar ilustrasi karena terkenal dengan sebutan raja hutan. Hewan ini sering menjadi ilustrasi cerita maupun dongeng anak-anak. Berikut ini langkah menggambar singa secara detail.

gambar ilustrasi hewan
Menggambar Sketsa Singa
  1. Buatlah lingkaran kecil untuk kepala singa. Buat juga bentuk persegi panjang dengan sudut-sudut yang halus untuk badan singa.
  2. Buat mata dengan menggambar lingkaran kecil. Kemudian gambar hidungnya dengan bentuk trapesium yang terhubung dengan lingkaran. Lalu buatlah gambar ekornya dengan garis melengkung.
  3. Buat detail sketsa bagian badannya beserta keempat kakinya dengan menggambar bentuk segi empat atau persegi panjang dengan sudut yang sedikit melengkung.
  4. Buatlah sketsa detil kakinya dengan lingkaran kecil dan persegi panjang yang dihubungkan di bagian ujungnya.
  5. Kemudian buat sketsa detail bagian wajah dan ekor singa dan tambahkan garis melengkung sehingga menyerupai singa asli.
  6. Langkah terakhir adalah finishing. Buang garis-garis yang tidak perlu dan tambahkan beberapa detail agar lebih sempurna serta warnai gambar yang kalian buat agar lebih menarik.
gambar ilustrasi hewan
Sketsa Singa

Demikian cara mengambar ilustrasi singa secara lengkap. SIlahkan praktekkan sendiri agar menghasilkan karya gambar ynag memuaskan.

gambar ilustrasi hewan
Gambar Ilustrasi Singa

Gambar Ilustrasi Burung

Burung termasuk jenis hewan vertebrata yang dimasukkan dalam kategori Aves. Dalam menggambar ilustrasi hewan kita sering menjadikan burung sebagai obyek inspirasi. Berikut ini cara atau langkah menggambar burung merpati secara lengkap.

gambar ilustrasi hewan
Sketsa burung merpati
  1. Pertama, buatlah gambar berbentuk bendera dengan ujung melengkung runcing sebagai pola tubuh burung merpati.
  2. Tumpuk pola yang telah digambar dengan gambar berbentuk bulan sabit untuk bagian sayap burung.
  3. Tambahkan detail pada pinggir sayap dan ekor dengan menambahkan bulu berupa garis-garis melengkung.
  4. Gambar detail melengkung di atas kepala yang telah dibuat sebelumnya, sayap, dan ekor burung.
  5. Tahap terakhir yaitu finishing dengan menghapus garis penunjuk yang tidak diperlukan dan berilah warna agar gambar yang kalian buat menghasilkan gambar ilustrasi yang bagus dan menarik.
gambar ilustrasi hewan
Menggambar burung merpati

Demikian cara menggambar ilustrasi burung merpati lengkap dengan tahapannya. Silahkan praktekkan sendiri di rumah dan buatlah gambar yang menarik.

gambar ilustrasi hewan
Gambar Ilustrasi Burung Merpati

Gambar Ilustrasi Hewan Berwarna

Setelah kalian memahami cara menggambar beberapa hewan diatas, kami akan memberikan beberapa contoh gambar ilustrasi hewan berwarna. Semoga contoh gambar ilustrasi di bawah ini bisa menjadi inspirasi kalian dalam menggambar ilustrasi. Berikut ini contoh gambar ilustrasi hewan berwarna.

Gambar Ilustrasi Hewan Siput

gambar ilustrasi hewan
Gambar Ilutrasi Siput

Gambar Ilustrasi Hewan dan Manusia

gambar ilustrasi hewan
Hewan dan Manusia

Gambar Ilustrasi Bebek

gambar ilustrasi hewan
Gambar Bebek

Gambar Ilustrasi Ayam

gambar ilustrasi ayam
Ayam Jago

Demikian artikel lengkap tentang Gambar Ilustrasi Hewan beserta cara menggambarnya. Semoga tulisan ini bisa menjadi sumber inspirasi kalian dalam menggambar ilustrasi. Harapan saya website contoh seni dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 Komentar