Gambar Perspektif 1 Titik Hilang : Pengertian dan Contohnya

Gambar Perspektif
gambar perspektif 1 titik hilang

Gambar Perspektif 1 Titik Hilang merupakan salah satu jenis Gambar Perspektif yang sering digunakan dalam menggambar sebuah obyek benda seperti ruang-ruang bangunan (interior). Seperti yang kita ketahui dalam menggambar perspektif memiliki 3 jenis teknik menggambar yaitu gambar perspektif satu titik hilang, gambar perspektif 2 titik hilang dan gambar perspektif 3 titik hilang.

Kali ini kita akan membahas pengertian gambar perspektif 1 titik hilang dan contoh-contohnya secara lengkap.

Bacaan Lainnya

Pengertian Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Gambar perspektif 1 titik hilang atau one point perspective merupakan salah satu teknik menggambar yang sering digunakan untuk menggambar sebuah objek atau benda. Gambar Perspektif satu titik hilang sering disebut juga perspektif sejajar, pararel perspektif atau one point perspektif. Salah satu kegunaan dari Gambar perspektif satu titik hilang yaitu banyak digunakan dalam penyajian gambar ruang-ruang bangunan atau arsitektur.

Gambar Perspektif 1 titik hilang digunakan untuk menggambar objek atau benda yang letaknya dekat dengan mata. Kedudukan letak objek atau benda yang dekat membuat sudut pandang mata menjadi sempit sehingga garis-garis batas akan menuju ke 1 titik saja. Disebut titik hilang atau titik senyap karena titik yang dibuat tidak terlihat atau samar untuk patokan membuat garis bantu atau pembatas dari objek yang akan digambar.

gambar perspektif 1 titik hilang
contoh gambar perspektif 1 titik hilang

Dalam menggambar perspektif satu titik hilang, penggambaran benda tersebut terlihat seperti apa yang dilihat mata secara nyata. Hal ini disebabkan karena letak benda yang terlihat seperti dekat mata, maka jangkauan pandangan mata terhadap benda atau obyek tersebut juga akan menjadi sempit. Sehingga garis yang terletak antara batas penglihatan dan benda akan tertuju pada satu titik saja, dan titik yang lain akan terlihat buram atau tidak nampak.

Teknik gambar perspektif 1 titik hilang disebut juga sebagai pararel pespektif. Dalam teknik ini terdapat banyak garis bantu yang digunakan memiliki kesejajaran yang sama. Baik itu pada garis horizontal maupun garis vertical. Kelebihan dari teknik yang satu ini adalah sangat cocok untuk menggambar rancangan bangun interior.

Cara Menggambar Perspektif 1 Titik Hilang

Gambar Perspektif 1 titik hilang merupakan gambar prespektif yang terjadi saat sebuah objek atau benda dilihat dengan garis pusat pandangan tegak lurus terhadap salah satu permukaannya. Seperti yang kita ketahui diatas bahwa Gambar perspektif satu titik hilang ini digunakan untuk menggambar obyek (benda) yang terletak relatif dekat dengan mata.

Karena letak obyek atau benda yang cukup dekat menyebabkan mata memiliki sudut pandang yang sempit, sehingga garis-garis batas benda akan menuju 1 titik hilang (titik lenyap) saja, kecuali jika bila obyek dengan horizon dan tegak lurus terhadapnya.

Pada umumnya, dalam membuat gambar perspektif 1 titik hilang harus memiliki unsur seperti dibawah ini :

  1. Pertama, garis horisontal terlihat datar dan lurus
  2. Kedua, titik hilangberada pada garis horisontal
  3. Ketiga, benda yang terlihat bagian depannya tidak mengalami perubahan bentuk, maksudnya jika persegi tetap keempat sudutnya sebesar 90 derajat. Bagian benda (obyek) selain bagian depan yaitu samping, atas, dan bawah meskipun kenyatannya lurus akan terlihat miring mengikuti dan mengarah pada garis horisontal
  4. Keempat, benda atau obyek yang terletak di atas garis horisontal terlihat bagian bawahnya begitu sebaliknya jika benda terletak pada bawah garis horisontal
  5. Kelima, jika benda atau obyek bersudut maka cara menggambarnya menentukan sudut-sudutnya yang nanti bisa ditarik kearah titik hilang, dan jika benda tersebut tidak mempunyai sudut (sisinya lengkung) maka yang ditentukan adalah titik terluar (garis singgung)

Contoh Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

Website Contoh Seni akan memberikan contoh gambar satu titik hilang agar kalian mudah untuk memahami gambar perspektif. Berikut ini contoh gambar perspektif lengkap dengan penjelasan agar lebih mudah dipahami.

a. Gambar Perspektif 1 Titik Hilang Ruang Tamu

gambar perspektif 1 titik hilang
gambar perspektif satu titik hilang ruang tamu

Contoh gambar perspektif satu titik hilang ruang tamu terlihat bahwa garis-garis pembatas yang berpusat pada satu titik. Garis-garis tersebut menciptakan sebuah gambar yang terlihat seperti melihat dari pandangan mata yaitu dari besar ke kecil. Tetapi pada gambar ini tidak terlalu terlihat efek dari besar ke kecilnya karena objek yang digambar tidak terlalu luas.

b. Gambar Perspektif 1 Titik Hilang Perkotaan

gambar perspektif satu titik hilang
gambar perspektif satu titik hilang perkotaaan

Contoh gambar perspektif satu titik hilang perkotaan diatas terlihat banyak orang-orang di dalamnya yang disamping kanan dan kiri terdapat gedung-gedung tinggi. Gambar ini memiliki kesan lebih tampak dari besar ke kecilnya daripada gambar ruang tamu tadi karena memang objek yang digambar lebih luas.

c. Gambar Perspektif Rel Kereta Api

Contoh Gambar Perspektif satu titik hilang
Gambar Perspektif satu titik hilang Rek Kereta

Contoh Gambar Perspektif satu titik hilang rel kereta diatas sangat mengagumkan. Gambar ini menunjukkan rel kereta api dan pohon yang ada terlihat makin lama makin mengecil di kejauhan sehingga terkesan sangat nyata. Titik Hilang atau Garis pembatasnya pun sudah dihilangkan agar gambar terlihat lebih menarik.

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Gambar Perspektif 1 Titik Hilang dan Contohnya secara lengkap. Semoga bisa menjadi referensi kalian baik pendidik mupun peserta didik yang sedang mencari sumber informasi mengenai gambar perspektif.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *