Gambar Perspektif 2 Titik Hilang dan Contohnya

Contoh Gambar Perspektif
contoh gambar perspektif 2 titik hilang

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang merupakan salah satu jenis Gambar Perspektif untuk menggambar benda atau obyek dengan menggunakan dua titik hilang(senyap). Seperti yang kita ketahui jenis gambar perspektif ada 3 yatu gambar perspektif 1 titik hilang, 2 titik hilang, dan gambar perspektif 3 titik hilang.

Pengertian Gambar Perspektif Dua Titik Hilang

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang atau Two Point Perspektif disebut juga Two Anguler Perspektif. Teknik menggambar ini digunakan dalam pengambilan suatu sudut pandang terhadap bangunan, ruangan dan juga sebuah interior bangunan. Dengan menggunakan dua titik hilang ini, jarak antara letak obyek atau benda akan saling berjauhan sebelah kanan dan kiri.

Bacaan Lainnya

Teknik menggambar perspektif dua titik hilang paling sering digunakan karena hasil gambar yang dibuat cukup mudah dan sederhana. Karena dalam pembuatannya mempunyai bentuk yang statis bukan simetris sehingga lebih nyaman untuk di gambar.

Gambar perspektif 2 titik hilang sebenarnya hampir sama dengan teknik gambar perspektif 1 titik hilang. Pada teknik menggambar persektif dua titik hilang, pada garis horizon terdapat 2 titik fokus. Sebuah sudut akan terbentuk dari persimpangan garis yang berasal dari 2 titik hilang. Penampakan objek gambar benda mengalami distorsi jika jarak antara 2 titik ini terlalu dekat.

Tahapan cara menggambar perspektif 2 titik hilang juga hampir sama dengan teknik perspektif 1 titik hilang, yaitu sebagai berikut.

  • Langkah pertama yaitu membuat garis horizon. Jika memakai sudut pandang mata burung, maka garis horizon berada di bagian atas bidang gambar. Jika memakai sudut pandang normal, garis horizon berada di tengah-tengah bidang gambar. Jika memakai sudut pandang mata kucing, garis horizon berada di bagian bawah garis horizon.
  • Langkah kedua : Letakkan 2 titik, masing-masing di bagian ujung kiri dan kanan bidang gambar.
  • Langkah ketiga : Jika menggambar ruangan, buatlah batas ruang itu dengan menarik garis dari kedua titik tersebut.
  • Langkah keempat : Gambarlah beberapa bangun dasar dengan patokan dari kedua titik hilangnya. Bangun dasar tersebut diletakkan dan dikomposisikan sesuai dengan perencanaan gambar yang dibuat.
  • Langkah kelima : Gambarlah seluruh detail benda dengan berpatokan pada bangun dasar yang sudah dibuat. Perhatikan proporsi dan perbandingan antara benda yang satu dan benda lainnya.
  • Langkah keenam : Arsirlah seperlunya untuk memberi kesan dimensi, volume dan karakter benda.

Contoh Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

Kalian sudah membaca pengertian gambar perspektif dua titik hilang secara lengkap. Sekarang kami akan memberikan beberapa contoh gambar perspektif 2 titik hilang agar kalian dapat lebih paham. Selain itu kami juga akan memberikan contoh dari berbagai sudut pandang perspektif berbeda seperti sudut pandang mata burung, mata normal, dan mata kucing.

a. Gambar 3 Benda

Contoh Gambar Perspektif 2 Titik Hilang
Contoh Gambar Perspektif dua Titik Hilang

Contoh pertama yaitu sebuah gambar perpektif 3 buah benda yang digambar menggunakan 2 titik hilang sebagai titik fokus. Pada gambar diatas terlihat menggunakan garis-garis bantu atau pembatas yang dibuat dari 2 titik hilang. Dari contoh gambar tersebut dapat dibedakan mana objek yang lebih dekat dan jauh dari mata kita. Meskipun terlihat sangat sederhana namun gambar ini tetap terlihat keren.

b. Gambar Bangunan

gambar perspektif 2 titik hilang
Contoh gambar perspektif dua titik hilang

Contoh yang kedua adalah sebuah gambar bangunan gedung yang dilihat dari pojok membentuk sebuah karya seni yang luar biasa. Gambar bangunan atau deretan gedung memang menjadi obyek paling sering digunakan dalam menggambar karya seni atau gambar arsitektur. Pada gambar bangunan tersebut terlihat objek yang kecil dari kanan dan kiri kemudian makin membesar saat ke bagian tengah.

c. Gambar Dapur

gambar perspektif dua titik hilang
Contoh gambar perspektif dua titik hilang

Contoh yang ketiga merupakan sebuah sketsa interior dapur modern yang terlihat sangat elegan. Gambar sketsa dapur diatas menjadi salah satu contoh gambar dua titik hilang. Pada gambar ini kita masuk ke bagian interior sebuah ruangan, sangat terlihat jelas garis-garis bantu dari 2 titik hilang yang dibuat untuk membuat objek tampak nyata dan proporsional sesuai dengan keadaan dapur yang nyata.

d. Sudut Pandang Mata Burung

 Contoh gambar perspektif dua titik hilang
contoh gambar perspektif dengan sudut pandang mata burung
gambar perspektif 2 titik hilang dengan menggunakan sudut pandang mata burung.
sketsa dapur
contoh gambar perspektif 2 titik hilang dengan menggunakan sudut pandang mata burung.
gambar dapur dengan 2 titik hilang

Pada gambar diatas merupakan contoh gambar perspektif 2 titik hilang dengan menggunakan sudut pandang mata burung.

e. Sudut Pandang Manusia Normal

contoh gambar perspektif 2 titik hilang
sudut pandang gambar perspektif

Pada gambar diatas menunjukan sebuah gambar ruangan yang digambar dengan teknik perspektif 2 titik hilang menggunakan sudut pandang manusia normal.

f. Sudut Pandang Kucing

gambar perspektif 2 titik hilang
contoh gambar perspektif 2 titik hilang

Demikian penjelasan lengkap tentang pengertian Gambar Perspektif 2 Titik Hilang dan Contohnya. Semoga artikel seni budaya ini dapat menjadi referensi dan sumber belajar bagi kalian. Harapan saya bisa membantu dan bermanfaat bagi kita semua,

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *