Gambar Perspektif 3 Titik Hilang : Pengertian dan Contohnya

Contoh Gambar Perspektif
contoh gambar perspektif 3 titik hilang

Gambar Perspektif 3 Titik Hilang adalah salah satu jenis Gambar Perspektif untuk membuat sebuah gambar dari obyek atau benda yang dekat dengan mata dengan menggunakan 3 titik hilang. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar perspektif memiliki 3 teknik yaitu gambar perspektif 1 titik hilang, gambar perspektif 2 titik hilang, dan gambar perspektif tiga Titik Hilang.

Pengertian Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Gambar Perspektif 3 titik hilang disebut juga dengan oblique perspektif atau three point perspektif merupakan teknik menggambar menggunakan tiga titik untuk membuat sebuah garis antara pembatas suatu objek. Teknik Perspektif tiga titik hilang sering digunakan dalam menggambar sebuah bangunan atau arsitektur.

Bacaan Lainnya
contoh gambar perspektif 3 titik hilang
gambar perspektif tiga titik hilang

Cara menggambar perspektif tiga titik hilang, ketika pandangan mata seolah-olah melihat suatu objek yang berada pada suatu ketinggian atau titik rendah bangunan tersebut maka yang terlihat dalam gambar perspektif ini yaitu sebuah objek yang dibuat dalam media 2 dimensi.

Teknik perspektif 3 titik hilang ini juga digunakan dalam mengekspos sebuah gambaran objek yang nyata. Terutama pada gedung yang mengandalkan garis dalam membentuk objek terlebih dahulu dalam proses penggambarannya.

Gambar Perspektif tiga titik hilang biasanya hanyak digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang sangat luas, besar, dan tinggi dan secara visual mengalami distorsi yang sangat ekstrim.

Teknik menggambar ini biasanya dipakai untuk menggambar outdoor dan sudut pandang dari atas atau udara, walaupun bisa juga dipakai untuk sudut pandang dari bawah atau sudut pandang mata kucing. Agar tidak mengalami distorsi yang berlebihan, sebaiknya 3 titik hilang diletakkan jauh di luar bidang gambar.

Pada dasarnya, teknik dan tahapan dalam menggambar perspektif 3 titik hilang ini hampir sama dengan teknik menggambar dengan perspektif 1 dan 2 titik hilang. Garis horizon tidak selamanya harus diletakkan horizontal tetapi bisa juga diletakkan diagonal untuk menggambarkan tampilan yang berbeda.

Gambar Perspektif 3 titik hilang dapat dibagi menjadi 2 macam berdasarkan sudut pandang perspektif, yaitu sudut pandang mata burung atau tampilan dari atas dan sudut pandang mata kucing.

Contoh Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Contoh Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

a. Gambar Perspektif Sudut Kota Kecil

contoh gambar perspektif 3 titik hilang
Contoh gambar perspektif 3 titik hilang

Pada contoh gambar perspektif diatas terlihat bahwa garis-garis yang dibentuk berasal dari 3 titik hilang yang 2 titik berada di atas sedangkan 1 titik berada di bawah sehingga terbentuklah garis bantu yang membentuk bangun ruang segitiga. Sudut pandang perspektif yang digunakan dalam gambar ini adalah sudut pandang burung atau tinggi.

b. Gambar Perspektif Bangunan dari bawah

contoh gambar perspektif 3 titik hilang
gambar perspektif 3 titik hilang

Pada contoh gambar perspektif di atas sudut pandangnya dari bawah atau biasa disebut dengan sudut pandang kucing, katak atau hewan-hewan kecil lainnya. Jika dalam gambar sebelumnya, dua titik berada di bagian atas, maka pada gambar ini dua titik berada di bagian bawah dan 1 titik berada di bagian atas.

c. Gambar kota besar

contoh gambar perspektif 3 titik hilang
gambar perspektif 3 titik hilang

Pada contoh gambar perspektif kota diatas terlihat tiga titik yang satu ini garis bantunya sudah dihilangkan. Tampak sebuah kota besar modern yang sangat ramai disertai dengan gedung-gedung tinggi di sekitarnya.

Demikian pembahasan Gambar Perspektif 3 Titik Hilang pengertian dan contoh-contohnya secara lengkap. Semoga artikel Seni dan budaya tentang gambar perspektif ini bisa menjadi bahan referensi kalian dalam mencari informasi. Harapan dari kami artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *