Gambar Perspektif : Pengertian, Jenis, Fungsi dan 20 Contohnya

contoh gambar perspektif
contoh gambar perspektif

Ketika kita mencoba menampilkan objek 3D dalam desain, seringkali kita merasa kesulitan untuk menentukan sudut pandang yang tepat. Salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan menggunakan gambar perspektif. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat gambar perspektif yang menarik dan efektif untuk menampilkan objek 3D.

Terdapat beberapa cara untuk membuat gambar perspektif, diantaranya adalah sebagai berikut:

Bacaan Lainnya

Menggunakan Metode Titik Hilang

Metode ini merupakan cara yang paling umum digunakan untuk membuat gambar perspektif. Dalam metode ini, kita menggunakan titik hilang sebagai acuan untuk menentukan sudut pandang objek. Titik hilang merupakan titik di mana semua garis pandang yang sejajar dengan permukaan datar terlihat bertemu atau berpotongan.

Menggunakan Metode Garis Tengah

Metode ini juga sering digunakan untuk membuat gambar perspektif. Dalam metode ini, kita menggunakan garis tengah sebagai acuan untuk menentukan sudut pandang objek. Garis tengah merupakan garis yang membagi objek menjadi dua bagian simetris.

Tips Membuat Gambar Perspektif yang Menarik

  • Pilih Sudut Pandang yang Tepat: Pilihlah sudut pandang yang dapat menampilkan objek secara jelas dan menarik. Hindari sudut pandang yang datar atau membosankan.
  • Gunakan Pencahayaan yang Tepat: Pencahayaan dapat mempengaruhi kesan visual dari gambar. Gunakan pencahayaan yang tepat untuk menekankan bagian-bagian tertentu dari objek.
  • Gunakan Warna yang Tepat: Pemilihan warna yang tepat dapat membuat gambar lebih menarik dan hidup. Gunakan warna yang sesuai dengan tema dan karakteristik objek yang ditampilkan.
  • Perhatikan Komposisi Gambar: Susun objek secara proporsional dan hindari tumpang tindih antar objek. Perhatikan juga ruang kosong dan bagaimana objek ditempatkan dalam gambar.

Pengertian Gambar Perspektif

Gambar perspektif adalah sebuah teknik atau cara menggambar suatu objek nyata atau imajiner yang menitikberatkan pada penglihatan mata atau pandangan mata manusia. Menggambar perspektif merupakan gabungan dari seni dan ilmu khususnya seni rupa untuk menggambar suatu objek di atas sebuah bidang datar sehingga hasil gambar nampak seperti pandangan mata dari suatu jarak dan posisi tertentu.

Gambar perspektif diambil dari bahasa Itali “prospettiva” yang berarti gambar pandangan. Sebuah gambar yang dibuat sesuai pandangan mata manusia. Biasanya mata manusia melihat objek benda semakin jauh akan terlihat semakin kecil sehingga gambar yang dihasilkan terlihat lebih relaistis atau nyata.

Dari pengertian menggambar perspektif diatas dapat ditarik kesimpulan-kesimpulan sebagai berikut.

Segala sesuatu yang tampak atau terlihat pada pandangan mata kita, apabila kedudukan semakin jauh akan terlihat semakin kecil dari ukuran sebenarnya begitu juga dengan warnanya akan semakin pudar dan lemah.
Jika sebuah obyek benda yang kita lihat semakin jauh, tak terhingga, maka benda akan terlihat semakin kecil dan akhirnya akan terlihat menjadi satu titik (titik lenyap).

Pada sudut pandang mata seseorang, semua benda yang sangat jauh dari mata akan tampak seperti titik-titik yang berderet dan terletak dalam sebuah garis lurus yang mendatar setinggi mata, yang dalam perspektif dinamakan garis horizon.

Terdapat 3 sudut pandang yang dapat dilihat dari posisi mata kita dengan objek yaitu sudut pandang tinggi, normal dan rendah. Sudut pandang tinggi disebut juga sudut pandang mata burung yang seolah-olah kita melihat objek dari atas. Sudut pandang normal, kita seolah melihat objek atau benda dari posisi biasa yaitu dari arah depan. Terakhir sudut pandang rendah atau sering disebut juga sudut pandang kucing yang seolah-olah kita melihat objek dari bawah.

Tipe Gambar Perspektif

Dari hasil penglihatan dan pandangan mata kita, menggambar perspektif dibagi menjadi 2 tipe perspektif, yaitu:

  1. Tipe Perspektif Sejajar atau Aereal Perspektif
    Perspektif Sejajar atau Aereal Perspektif merupakan cara menggambar berdasarkan pada tegas/buramnya garis dan warna. Menurut pandangan mata, semua benda yang dekat dengan mata kita, garis-garis batasnya akan terlihat tegas dan benda yang jauh garis batasnya akan mengerucut dan semakin hilang pada satu titik. Begitu juga dengan warnanya, semakin jauh obyek atau benda warnanya akan semakin pudar.
  2. Tipe Perspektif Sudut atau Linear Perspektif
    Perspektif Sudut atau Linear Perspektif merupakan cara menggambar perspektif yang menggunakan bantuan titik lenyap atau garis-garis yang memusat ke satu titik. Terdapat 3 bantuan titik lenyap dala menggambar perspektif yaitu gambar perspektif satu titik hilang, gambar perspektif 2 titk hilang, dan gambar perspektif 3 titik hilang.

Jenis Gambar Perspektif

Berdasarkan kedudukan benda terhadap pandangan mata atau dari arah mata kita melihat benda tersebut menggambar perspektif dapat dibagi menjadi 3 jenis.

  1. Gambar Perspektif 1 Titik Hilang atau One Point Perspektif.

Gambar Perspektif 1 titik hilang disebut juga perspektif sejajar, pararel perspektif atau one point perspektif. Menggambar Perspektif satu titik hilang digunakan untuk menggambar objek yang letaknya dekat dengan mata.

Letak objek atau benda yang dekat membuat sudut pandang mata menjadi sempit sehingga garis-garis batas akan menuju ke satu titik saja. Disebut titik hilang karena titik yang dibuat tidak terlihat atau samar untuk patokan membuat garis bantu atau pembatas dari objek yang akan digambar. Salah satu kegunaan penting dari perspektif 1 titik hilang banyak digunakan dalam penyajian gambar ruang-ruang bangunan.

Agar kalian lebih memahami silahkan membaca artikel Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

gambar perspektif 1 titik hilang
Contoh Gambar Perspektif 1 Titik Hilang
  1. Gambar Perspektif 2 Titik Hilang atau Two Point Perspektif

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang disebut juga Anguler Perspektif atau Two Point Perspektif. Teknik ini digunakan dalam pengambilan suatu sudut pandang terhadap bangunan, ruangan dan juga sebuah interior bangunan. Dengan menggunakan dua titik hilang ini, jarak letak obyek atau benda akan saling berjauhan sebelah kanan dan kiri.

Teknik menggambar ini paling sering digunakan karena hasil gambar yang dibuat cukup mudah dan sederhana. Karena dalam pembuatannya mempunyai bentuk yang statis bukan simetris sehingga lebih nyaman untuk di gambar.

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang
Contoh Gambar Perspektif 2 Titik Hilang
  1. Gambar Perspektif 3 Titik Hilang atau Three Point Perspektif

Gambar Perspektif tiga titik hilang disebut juga dengan oblique perspektif atau three point perspektif merupakan teknik menggambar menggunakan tiga titik untuk membuat sebuah garis antara pembatas suatu objek. Teknik Perspektif ini sering digunakan dalam menggambar sebuah bangunan atau arsitektur.

Dalam pembuatan perspektif 3 titik hilang, ketika pandangan mata seolah-olah melihat suatu objek yang berada pada suatu ketinggian atau titik rendah bangunan tersebut maka yang terlihat dalam gambar perspektif ini yaitu sebuah objek yang dibuat dalam media 2 dimensi.

Teknik perspektif ini juga digunakan dalam mengekspos sebuah gambaran objek yang nyata. Terutama pada gedung yang mengandalkan garis dalam membentuk objek terlebih dahulu dalam proses penggambarannya.

Agar kalian lebih memahami gambar perspektif 3 titik hilang kalian dapat melihat pada artikel khusus yang membahasnya dalam website ini.

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang
Contoh Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

Fungsi Gambar Perspektif

Fungsi Gambar Perspektif adalah untuk memberikan sebuah gambaran terhadap objek nyata yang terlihat dan sesuai dengan apa yang terlihat oleh mata manusia. Namun, dalam perkembangan teknik menggambar saat ini, teknik menggambar perspektif digunakan untuk mewakili sudut pandang manusia terhadap sudut pandang sebuah objek yang tidak bisa dilihat atau dijangkau oleh mata manusia secara langsung.

Contohnya Pada sudut pandang dari ketinggian. Pada saat mata manusia melihat ketinggian, semakin tinggi akan semakin terbatas.

Teknik menggambar ini sangat membantu dalam penguasaan prinsip menggambar bentuk atau menggambar ilustrasi. Teknik ini juga berfungsi dalam pembuatan rancangan gambar kerja, arsitektur, mendesain tata ruang, tata taman dan lain sebagainya.

Cara Menggambar perspektif

Menggambar merupakan keterampilan yang dapat dilakukan oleh semua orang. Agar dapat menggambar dengan mudah contohseni memberikan tutorialnya.

Gambar perspektif yang mudah

  • Pertama tentukan garis batas cakrawala (garis horizon) pada gambar. Kemudian mulailah menggambar garis horizontal sebagai garis horizon dengan pensil keras. Garis horizon menentukan sejauh mana pengamat bisa melihat berdasarkan medan dan jarak pengamat dari permukaan tanah.
gambar perspektif yang mudah
Langkah 1
  • Kedua pilihlah titik hilang. Titik ini akan menentukan efek perspektif dan cara menggambar tergantung pilihan. Biasanya titik lenyap berada di tengah gambar.
gambar perspektif yang mudah
Langkah 2
  • Ketiga gambarlah sketsa utama. Mulailah menggambar garis horizontal dan vertikal dengan benar dan tegak lurus. Garis yang “dimulai di dekat sudut pandang pengamat dan semakin menjauh” harus digambar mengarah ke titik lenyap. Inilah yang akan memberikan efek perspektif.
gambar perspektif yang mudah
Langkah 3
  • Terakhir tambahkan detail pada gambar sesuai proporsi yang ditentukan oleh garis-garis referensi yang Anda buat sebelumnya sehingga menjadi sebuah gambar yang menarik.
gambar perspektif yang mudah
Gambar Rel Kereta

Sudut Pandang Gambar Perspektif

Sudut Pandang gambar perspektif adalah posisi mata kita saat melihat suatu obyek atau benda di lingkungan sekitar. Sudut Pandang ini dapat dibagi menjadi 3 diantaranya

  1. Perspektif mata manusia yaitu kondisi saat garis horizon berada sejajar dengan mata pengamat atau obyek dilihat dari depan. Sudut pandang ini berfungsi untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya.
  2. Perspektif mata burung yaitu kondisi saat garis horizon berada diatas mata pengamat atau obyek dilihat dari atas. Sudut pandang ini berfungsi untuk menggambarkan bentuk ruang.
  3. Perspektif mata cacing yaitu kondisi saat garis horizon berada dibawah mata pengamat atau obyek dilihat dari bawah. Sudut pandang ini berfungsi untuk menggambarkkan kesan dramastis.

Makalah Gambar Perspektif

Makalah tentang Seni dan budaya banyak menjadi tugas dalam kuliah atau sekolah. Kalian dapat menjadikan artikel gambar perspektif ini sebagai sumber dalam membuat makalah. Silahkan cari referensi yang terpercaya agar dapat menjadi sebuah makalah gambar perspektif yang benar dan bermanfaat.

Silahkan klik Makalah Seni dan budaya untuk bahan dan referensi kalian untuk mengerjakan tugas. Selamat membaca

Contoh Gambar Perspektif

Berikut ini contoh gambar perspektif lengkap dengan penjelasan agar lebih mudah dipahami.

1. Contoh Gambar Perspektif 1 Titik Hilang

a. Gambar Ruang Tamu

Contoh Gambar Perspektif 1 Titik Hilang
Contoh Gambar 1 Titik Hilang Ruang Tamu

Pada gambar di atas terlihat bahwa garis-garis pembatas yang berpusat pada satu titik. Garis-garis tersebut menciptakan sebuah gambar yang terlihat seperti melihat dari pandangan mata yaitu dari besar ke kecil. Tetapi pada gambar ini tidak terlalu terlihat efek dari besar ke kecilnya karena objek yang digambar tidak terlalu luas.

b. Gambar Kota

Gambar Perspektif 1 titik Hilang
Contoh Gambar 1 Titik Hilang Kota

Pada gambar kota diatas terlihat banyak orang-orang di dalamnya yang disamping kanan dan kiri terdapat gedung-gedung tinggi. Gambar ini memiliki kesan lebih tampak dari besar ke kecilnya daripada gambar ruang tamu tadi karena memang objek yang digambar lebih luas.

c. Gambar Rel Kereta Api

Gambar Perspektif 1 Titik Hilang
Contoh Gambar 1 Titik Hilang Rel Kereta

Gambar rel kereta diatas sangat mengagumkan. Gambar ini menunjukkan rel kereta api dan pohon yang ada terlihat makin lama makin mengecil di kejauhan sehingga terkesan sangat nyata. Titik Hilang atau Garis pembatasnya pun sudah dihilangkan agar gambar terlihat lebih menarik.

2. Contoh Gambar Perspektif 2 Titik Hilang

a. Gambar 3 Benda

Gambar Perspektif 2 Titik Hilang
Gambar 2 Titik Hilang Tiga Benda

Pada gambar diatas terlihat menggunakan garis-garis bantu atau pembatas yang dibuat dari 2 titik hilang. Dari gambar tersebut dapat dibedakan mana objek yang lebih dekat dan jauh dari mata kita. Meskipun terlihat sangat sederhana namun gambar ini tetap terlihat keren.

b. Gambar Bangunan

Gambar Perspektif dua titik hilang
Gambar Bangunan

Gambar bangunan memang merupakan obyek paling sering digunakan dalam menggambar karya seni atau kebutuhan arsitektur. Pada gambar tersebut terlihat objek yang kecil dari kanan dan kiri kemudian makin membesar saat ke bagian tengah.

c. Gambar Dapur

gambar perspektif 2 titik hilang
Contoh gambar 2 titik hilang dapur

Gambar sketsa dapur diatas merupakan salah satu contoh gambar dua titik hilang. Pada gambar kali ini kita masuk ke bagian interior, sangat terlihat jelas garis-garis bantu yang dibuat untuk membuat objek tampak nyata dan proporsional sesuai dengan keadaan dapur yang nyata.

3. Contoh Gambar Perspektif 3 Titik Hilang

a. Sudut Kota Kecil

Gambar Perspektif tiga titik hilang
Contoh Gambar sudut kota

Gambar diatas terlihat bahwa garis-garis yang dibentuk berasal dari 3 titik hilang yang 2 titik berada di atas sedangkan 1 titik berada di bawah sehingga terbentuklah garis bantu yang membentuk bangun ruang segitiga. Sudut pandang perspektif yang digunakan adalah sudut pandang burung atau tinggi.

b. Gambar Bangunan dari bawah

Gambar perspektif 3 titik hilang
Gambar bangunan dari bawah

Gambar di atas sudut pandangnya dari bawah atau biasa disebut dengan sudut pandang kucing, katak atau hewan-hewan kecil lainnya. Jika gambar sebelumnya, 2 titik berada di bagian atas, maka pada gambar ini 2 titik berada di bagian bawah dan 1 titik berada di bagian atas.

c. Gambar kota besar

gambar perspektif 3 titik hilang
Gambar kota

Gambar kota diatas terlihat 3 titik yang satu ini garis bantunya sudah dihilangkan. Tampak sebuah kota besar modern yang sangat ramai disertai dengan gedung-gedung tinggi di sekitarnya.

Demikian pembahasan gambar perspektif pengertian, fungsi, jenis dan contoh-contohnya secara lengkap. Semoga artikel Seni dan budaya ini bisa menjadi bahan referensi kalian dalam mencari informasi. Harapan kami artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *