7 Langkah Menggambar Ilustrasi

Gambar ilustrasi
langkah menggambar ilustrasi

Menggambar ilustrasi adalah sebuah kegiatan menggambar karya seni rupa dua dimensi dengan tujuan memperjelas isi cerita, narasi atau sesuatu yang diilustrasikan serta membuatnya lebih menarik orang yang melihat. Langkah menggambar ilustrasi hampir sama dengan menggambar biasa namun ada hal-hal yang perlu kita perhatikan agar bisa menjadi sebuah gambar ilustrasi yang menarik.

Seperti yang kita jelaskan pada artikel sebelumnya bahwa kata ilustrasi berasal dari bahasa latin Illustrare yang berarti menjelaskan atau menerangkan suatu cerita atau karangan serta memperindahnya sehingga terlihat lebih menarik. Gambar ilustrasi juga disebut gambar abstrak atau tidak nyata (ilusi) oleh sebagian orang.

Bacaan Lainnya

Anda bisa melihat pada artikel sebelumnya untuk lebih memahami gambar ilustrasi : Menggambar Ilustrasi

Langkah menggambar ilustrasi
Contoh Gambar Ilustrasi

Langkah menggambar ilustrasi dapat dilakukan dengan 7 cara yaitu

  1. Menentukan Tema
  2. Menentukan Jenis Gambar Ilustrasi
  3. Menentukan komposisi, proposisi, keseimbangan, dan kesatuan obyek
  4. Menentukan teknik menggambar ilustrasi
  5. Menyiapkan alat dan bahan
  6. Menggambar sketsa global
  7. Melakukan Finishing dengan mengarsir atau memberi warna

Sebelum kalian membaca langkah menggambar ilustrasi kalian perlu mengetahui jenis-jenis gambar ilustrasi. Gambar ilustrasi dibagi menjadi beberapa jenis dan setiap jenis memerlukan teknik dan alat yang berbeda-beda. Jenis gambar ilustrasi menurut website contoh seni adalah sebagai berikut.

  1. Gambar ilustrasi komik
  2. Gambar ilustrasi karikatur
  3. Gambar ilustrasi cerita atau karya sastra
  4. Gambar ilustrasi vignette
  5. Gambar ilustrasi kartun
  6. Gambar ilustrasi reklame
  7. Gambar ilustrasi manusia
  8. Gambar ilustrasi hewan
  9. Gambar ilustrasi tumbuhan
  10. Gambar ilustrasi benda
  11. Gambar ilustrasi simbol atau tanda
  12. Gambar ilustrasi cover buku
Langkah menggambar ilustrasi
Gambar ilustrasi Cover

Untuk memahami macam gambar ilustrasi diatas kalian dapat membaca artikel kami sebelumnya : Jenis Gambar Ilustrasi

Langkah menggambar ilustrasi akan kami bagi menjadi teknik menggambar ilustrasi, alat bahan menggambar ilustrasi, dan cara menggambar ilustrasi yang mudah. Perhatikan kata demi kata dibawah ini agar kalian mengerti dan memahami dengan baik.

Teknik Menggambar Ilustrasi

Teknik menggambar salah satu langkah menggambar ilustrasi yang harus kita ketahui. Dalam menggambar ilustrasi kita bisa menggunakan 2 teknik, yaitu menggambar dengan teknik kering dan menggambar dengan teknik basah.

Teknik kering yaitu sebuah teknik menggambar dengan media dan peralatan menggambar kering artinya tidak menggunakan air dan minyak untuk campuran pengencer pewarna. Sedangkan pengertian teknik basah yaitu sebuah cara menggambar dengan media dan peralatan basah seperti air dan minyak sebagai media mewarnai.

Agar kalian lebih paham, simak pembahasan alat dan bahan baik teknik kering maupun teknik basah berikut. Hal ini dikarenakan 2 teknik tersebut menggunakan alat dan bahan yang berbeda, jadi kalian bisa memilih teknik apa yang kalian gunakan sebelum menggambar ilustrasi.

Contoh gambar ilustrasi
Gambar Ilustrasi hewan

Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi

Menyiapkan alat dan bahan menggambar merupakan langkah menggambar ilustrasi yang harus kita siapkan baik-baik. Alat dan bahan menggambar merupakan sesuatu yang harus kita siapkan dengan baik sebelum kita menggambar. Hal ini tidak hanya berlaku untuk menggambar ilustrasi namun juga saat kita menggambar biasa.

Kalian perlu sesuaikan atau siapkan peralatan menggambar sesuai dengan teknik yang akan kalian gunakan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menyimak penjelasan tentang kedua teknik menggambar berikut ini:

Alat dan Bahan Menggambar ilustrasi dengan Teknik Kering

Menggambar ilustrasi dengan teknik kering menggunakan peralatan menggambar kering. Peralatan kering artinya kalian tidak membutuhkan air atau minyak untuk mengencerkan pewarna gambar. Alat dan bahan menggambar ilustrasi dengan teknik kering yaitu kertas, pensil, penghapus, pensil warna, dan krayon.

  1. Kertas

Kertas merupakan bahan utama yang kamu perlukan. Hal ini dikarenakan kamu memerlukan media untuk membuat sebuah gambaran, jadi kertas ini termasuk bahan utama dalam menggambar ilustrasi. Kamu dapat memilih ukuran dan ketebalan kertas sesuai dengan kebutuhan menggambar kamu, usahakan jangan tidak tipis dan tidak memiliki tekstur atau polos halus.

Terdapat beberapa jenis ukuran kertas yang biasa digunakan dalam menggambar ilustrasi yaitu A3, A4, dan Kuarto. Untuk warna kertas biasanya putih polos atau buram yang penting kertas tersebut tidak memiliki tekstur karena akan mengganggu langkah menggambar ilustrasi.

  1. Pensil

Pensil merupakan alat utama yang kamu perlukan saat menulis atau menggambar. Pensil yang digunakan dalam menggambar ilustrasi adalah pensil yang berukuran 2H, 2B, dan HB. Kamu bisa menyesuaikan jenis dan ketebalan pensil sesuai selera kamu agar kalian nyaman dalam menggambar.

Jenis pensil diatas memiliki tekstur masing-masing. Teksktur pensil 2H cenderung lebih keras, pensil HB memiliki tekstur sedang, dan pensil 2B memiliki tekstur yang lebih lunak.

  1. Penghapus

Penghapus juga merupakan alat yang tidak kalah penting dalam menggambar. Alat ini berfungsi untuk menghapus kesalahan atau coretan yang terjadi saat kita menggambar ilustrasi. Saran dari kami, gunakan penghapus yang lunak dan lentur agar kertas tidak rusak saat kita menghapus bagian yang salah.

  1. Pensil Warna

Pensil warna merupakan salah satu alat yang penting dalam menggambar. Alat ini berfungsi untuk memperindah gambar agar menarik dilihat. Mewarnai merupakan sebuah kegiatan terakhir dalam langkah menggambar ilustrasi yang bertujuan untuk membuat gambar lebih berwarna.

Teknik mewarnai sendiri bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan mengarsir atau memblok warna sekaligus. Kalian juga bisa memilih ketajaman warna dengan pensil warna secara berulang pada gambar yang ingin diwarnai. Ketajaman warna yang berbeda ini biasa kita sebut dengan teknik gradasi warna.

  1. Krayon

Krayon merupakan alat yang memilik tujuan sama dengan pensil warna yaitu memperindah gambar ilustrasi. Alat ini bisa kalian gunakan untuk mewarnai atau menggambar ilustrasi secara langsung tanpa menggunakan pensil. Krayon biasanya dibuat menggunakan campuran krayon kapur dan minya atau lilin serta pewarna. Kamu bisa memilih sesuai selera kalian apakah menggunakan pensil warna atau krayon dalam kegiatan mewarnai gambar ilustrasi.

Alat dan Bahan Menggambar Ilustrasi dengan Teknik Basah

Untuk menggambar teknik basah, alat dan bahan yang digunakan masih tidak jauh berbeda dengan alat dan bahan yang digunakan dalam teknik kering, seperti pensil dan penghapus. Namun yang membedakan adalah biasanya teknik ini akan menggunakan cat minyak, cat air, tinta, dan media lainnya yang membutuhkan minyak atau air untuk mengencerkan warna.

Selain itu, media yang digunakan untuk menggunakan teknik basah ini berbeda, kamu tidak bisa menggunakan kertas HVS biasa. Ini karena kertas hvs biasa biasanya memiliki tekstur yang tipis dan tidak bisa menampung air atau minyak dengan baik.

Untuk itu kamu membutuhkan kertas khusus seperti kertas rough, hot-pressed (HP) dan cold-pressed. Kertas rough memiliki tekstur yang paling kasar, sedangkan kertas HP memiliki tekstur halus, dan kertas cold-pressed memiliki tekstur yang tidak terlalu kasar namun tidak terlalu halus.

Langkah Menggambar Ilustrasi

Menggambar ilustrasi dapat kita lakukan dengan mudah apabila kita mengetahui langkah menggambar ilustrasi dengan baik. Kita perlu memahami langkah demi langkah agar bisa membuat gambar ilustrasi yang bagus dan menarik.

Dalam menggambar ilustrasi kita ada perlu hal yang perlu kita pertimbangkan dan ketahui agar terbentuk sebuah gambar ilustrasi yang sesuai dengan apa yang kalian pikirkan. Berikut ini langkah menggambar ilustrasi menurut website contoh seni.

Contoh gambar ilustrasi
Gambar Ilustrasi

Menentukan Tema Gambar Ilustrasi

Langkah menggambar ilustrasi yang pertama adalah menentukan tema. Kita bisa bebas memilih tema yang kita inginkan dan siapa target yang ingin kalian tuju. Aspek ini nantinya akan menentukan seperti apa gambar ilustrasi yang kalian gambar dan tampilkan.

Menentukan Jenis Ilustrasi

Langkah menggambar ilustrasi selanjutnya adalah menentukan jenis gambar ilustrasi. Seperti yang dijelaskan sebelumnya terdapat berbagai macam jenis gambar ilustrasi seperti kartun, karikatur, vignette, komik, dan yang lainnya.

Menentukan Proposisi, Komposisi, Keseimbangan, dan Kesatuan objek Gambar Ilustrasi

Hal atau aspek diatas sangat penting dalam menggambar tidak hanya dalam menggambar ilustrasi. Kamu bisa menentukan patokan garis-garis atau titik hilang yang bisa embantu kamu dalam menggambar ilustrasi. Aspek-aspek ini secara tidak langsung bisa membuat sebuah gambar menjadi menarik untuk dipandang karena memiliki satu kesatuan yang utuh.

Menentukan Teknik Menggambar Ilustrasi

Teknik menggambar ilustrasi memiliki 2 cara yaitu teknik menggambar kering dan teknik menggambar basah. Pengertian lengkapnya sudah kita bahas diatas.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Alat dan bahan dalam menggambar harus kita siapkan dengan baik. Seperti yang telah kita jelaskan di atas bahwa memyiapkan alat dan bahan merupakan salah satu hal penting dalam menggambar ilustrasi.

Menggambar Sketsa Gambar Ilustrasi

Sketsa merupakan rancangan atau gambaran awal dari sebuah proses menggambar. Menggambar sketsa merupakan langkah menggambar ilustrasi yang perlu kalian pahami dengan baik. Proses ini membuat apa yang kalian gambar lebih terancang dan terstrukur sehingga membuat menggambar menjadi lebih menyenangkan.

Finishing atau Penyelesaian Gambar Ilustrasi

Finishing atau penyelesaian gambar merupakan hal yang perlu kita lakukan dalam mengambar. Hal ini dilakukan dengan mengamati hal-hal yang salah dan kemudian membetulkannya agar gambar menjadi sempurna. Kita juga bisa membuat arsiran, gradasi, atau hal yang bisa memberikan efek gelap terang pada gambar ilustrasi dalam tahap finsihing.

Intinya pada tahap ini kamu bisa menambahkan detail-detail untuk memyempurnakan gambar ilustrasi yang kamu buat agar terlihat lebih bagus dan menarik.

Langkah Menggambar Ilustrasi yang mudah

DIbawah ini adalah kumpulan contoh gambar ilustrasi yang mudah kalian gambar.

Contoh gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi panda
Langkah menggambar ilustrasi yang mudah
Gambar ilustrasi kartun
Gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi doraemon
Contoh gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi vignette
Contoh gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi pemain bola
Contoh gambar ilustrasi
Gambar ilustrasi tumbuhan

Demikian artikel tentang langkah menggambar ilustrasi secara lengkap. Semoga menjadi referensi bagi kalian yang sedang mencari informasi dan materi tentang cara menggambar ilustrasi. Semoga bermanfaat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *