25 Contoh Lukisan Naturalisme Yang Mudah Ditiru

Aliran Naturalisme merupakan aliran seni rupa yang mengutamakan kemiripan obyek keindahan alam yang dilukis sehingga tampak realistis dan natural seperti aslinya. Aliran seni rupa ini merupakan bentuk apresiasi seniman terutama pelukis terhadap keindahan alam. Jadi aliran lukisan naturalisme menggunakan alam seperti keindahan pemandangan alam disekitar sebagai obyek yang dilukis.

Lukisan Naturalisme

Lukisan Naturalisme adalah lukisan yang dilukis oleh seniman dengan gaya naturalisme yang mengutamakan kemiripan obyek yang digambar dengan aslinya secara alami tanpa dilebih-lebihkan atau ditambahi. Obyek yang digambar berasal dari lingkungan sekitar penulis bisa keindahan alam, manusia, atau benda lainnya.

Bacaan Lainnya

Lukisan ini dibuat semirip mungkin dengan keadaan nyatanya dan sedetail mungkin sehingga hasilnya dapat menyerupai objek aslinya seperti foto. Seniman yang melukis dalam aliran naturalisme menggunakan teknik tinggi dengan melakukan percobaan berkali-kali seperti pencampuran gradasi warna sebelum menggoresnya di media lukis.

Fungsi naturalisme adalah menampilkan sebuah lukisan dari keindahan sekitar pelukis secara alami sehingga menghasilkan karya yang natural sesuai dengan aslinya. Fungsi ini mendukung tujuan dari seniman yang melukis mengapresiasi atau menampilkan sebuah karya yang natural dari lingkungan sekitar penulis.

Tokoh Aliran Naturalisme

Tokoh pelopor aliran naturalisme sudah kita bahas di artikel sebelumnya yaitu:

  1. John Constable
  2. Thomas Cole
  3. William Bliss Baker
  4. Abdullah Suriosubroto
  5. Basuki Abdullah

Untuk Penjelasan lengkap dan contoh lukisan dari tokoh-tokoh tersebut kalian bisa membuka artikel : Tokoh Aliran Naturalisme

Contoh Lukisan Naturalisme Beserta Maknanya

Mungkin kalian sering melihat lukisan baik di pameran seni maupun internet namun tidak mengetahui jenis alirannya. Agar kalian lebih memahami karya seni seperti lukisan sebaiknya kalian membaca dan mempelajari ilmu dan tokoh dari masing-masing aliran seni. Berikut ini contoh lukisan yang dapat kalian amati dan pelajari dari aliran seni rupa ini.

Lukisan Naturalisme Mudah

Kalian bisa melihat contoh berikut agar bisa meniru dan menggambar sendiri di rumah. Untuk itu kalian harus mengetahui langkah-langkah menggambar yang benar. Berikut ini cara agar kalian dapat menggambar natualisme dengan mudah:

  1. Tentukan Tema Lukisan dan teknik menggambar
  2. Tentukan Obyek Sekitar yang akan kalian gambar
  3. Siapkan alat dan bahan baik media maupun peralatan mewarnai kalian
  4. Mulaialah membuat sketsa lukisan kalian
  5. Tambahkan detail-detail obyek agar lebih menarik
  6. Lukislah semirip mungkin dengan obyek yang kalian gambar
  7. Buatlah percobaan gradasi warna agar mendapatkan warna yang alami sesuai aslinya
  8. Setelah menemukan kompisisi warna yang sesuai mulaialah mewarnai lukisan kalian semirip mungkin agar tetap alami dan tampak sesuai nyata.

Di bawah ini kami memberikan cara melukis naturalisme yang mudah ditiru. Selamat mencoba.

Cara Menggambar Lukisan Naturalisme Mudah

Lukisan Naturalisme Basuki Abdullah

Salah satu pelopor pelukis naturalisme di indonesia adalah Basuki Abdullah. Dia adalah anak dari pelukis terkenal yaitu Abdullah Suriosubroto yang juga penganut aliran naturalisme. Pria yang lahir di Surakarta, 25 Januari 1915 ini dikenal sebagai pelukis beraliran naturalis dan realis. Ia mewarisi darah seniman dari ayahnya dan sudah mulai melukis sejak 4 tahun.

Tokoh Naturalisme
Basuki Abdullah

Basuki pernah diangkat menjadi pelukis resmi di Istana Merdeka Jakarta pada jaman dulu. Hasil Karya-karyanya tampil menghiasi dinding istana negara dan kepresidenan Indonesia bagaikan pameran seni. Selain itu, lukisannya juga banyak dikoleksi oleh kolektor-kolektor seni di Indonesia bahkan seluruh dunia.

Basuki Abdullah dikenal sebagai pelukis potret wanita cantik, kepala negara tokoh-tokoh penting di Indonesia. Ia memiliki gaya lukis memperindah atau mempercantik potret wajah objek lukisannya. Meskipun terkenal sebagai pelukis potret wajah, ia terkenal dalam melukis pemandangan alam lewat karya-karyanya yang mendunia.

lukisan naturalisme
Lukisan Basuki Abdullah : Potret Soekarno
lukisan naturalisme
Lukisan Basuki Abdullah : Pangeran Diponegoro
lukisan naturalisme
Lukisan Basuki Abdullah : Kakak Adik
lukisan naturalisme
Lukisan Basuki Abdullah : Ngarat Minangkabau
lukisan Naturalisme
Pemakaman Jenazah di Bali

Lukisan Naturalisme Pemandangan

Pemandangan merupakan obyek alam yang sering di lukis oleh seniman maupun semua orang. Hal ini karena obyek pemandangan termasuk obyek yang tidak membosankan dan selalu memberikan kesan yang menarik. Pemandangan alam akan sangat bagus jika kita gambar sesuai dengan kondisi aslinya karena memberikan kesan yang alami dan natural.

Oleh sebab itu pemandangan alam sangat cocok jika digambar menggunakan aliran seni naturalisme. Berikut ini contoh lukisan pemandangan yang bisa kalian jadikan referensi dalam melukis.

lukisan naturalisme
Nature Of Beauty Landscape
lukisan naturalisme
Lukisan Sawah di kaki Gunung Lawu – Dullah
lukisan naturalisme
Lukisan The Hudson River School Karya Louis Remy Mignot
lukisan naturalisme
The Rocky Mountais, Lander’s Peak (1863) karya Albert Bierstadt
lukisan naturalisme
Lukisan Fjordlandskap med båter karya Amaldus Clarin Nielsen
lukisan naturalisme
Lukisan Pine Forest (1889) karya Ivan Shishkin
lukisan naturalisme
Lukisan Mount Kanchenjunga from Darjeeling (1812-1888) karya Edward Lear
lukisan naturalisme
Pemandangan Kintamani, Bali karya Basuki Abdullah
lukisan naturalisme
The Grand Canyon of the Yellowstone (1893-1901) Karya Thomas Moran
lukisan naturalisme
Lake Singkarak (1901) karya Ernst Haeckel
lukisan naturalisme
Lord Hamilton’s Landscape Garden at Painshill, Surrey
lukisan naturalisme
Broad River, Georgia (2009) karya Anthony Shoals
lukisan naturalisme
Tropical Landscape (1855) karya Frederic Edwin Church
lukisan naturalisme
A River in Golden Autumn Scenery
lukisan naturalisme
Corn Hill (1930) karya Edward Hopper

Melukis termasuk hobi dan bakat yang tidak semua orang bisa miliki. Namun kalian bisa belajar melukis dengan mencari inspirasi dan mengasah bakat kalian dengan latihan yang tekun. Inspirasi bisa kalian temukan dimana saja tidak hanya terbatas dalam contoh diatas.

Demikian pembahasan lengkap artikel Lukisan Naturalisme semoga bisa menjadi sumber referensi dan inspirasi kalian dalam belajar melukis. Semoga website contoh seni selalu memberikan artikel-artikel yang bermanfaat bagi kita semua.

Pos terkait