Seni rupa terapan yaitu karya seni yang lebih mementingkan

Seni rupa terapan adalah jenis seni yang lebih mementingkan fungsi praktisnya daripada keindahan atau ekspresi artistik semata. Fokus utamanya adalah pada penggunaan dan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Contoh-contoh seni rupa terapan meliputi kerajinan tangan, desain produk, arsitektur, keramik, tekstil, dan karya seni yang dibuat untuk tujuan fungsional lainnya.

Dalam seni rupa terapan, aspek utilitas dan kepraktisan sering kali menjadi yang utama. Karya seni ini dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan atau fungsi tertentu dalam kehidupan sehari-hari, seperti furnitur, perhiasan, peralatan rumah tangga, atau bahkan struktur bangunan. Meskipun demikian, seni rupa terapan juga bisa memiliki nilai estetika yang tinggi dan bisa menjadi karya seni yang indah di mata pemirsa.

Bacaan Lainnya

Dengan demikian, perbedaan mendasar antara seni rupa terapan dan seni rupa murni adalah bahwa seni rupa terapan menekankan fungsi praktisnya, sementara seni rupa murni lebih fokus pada ekspresi artistik dan keindahan visualnya.

Pos terkait