Yang termasuk karya seni rupa murni adalah

Karya seni rupa murni adalah karya seni yang diciptakan untuk tujuan estetika atau keindahan, tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya. Berikut beberapa contoh karya seni rupa murni:

  1. Lukisan: Karya seni yang dibuat dengan menggunakan berbagai media seperti cat minyak, cat air, pastel, atau media lainnya, yang diaplikasikan pada permukaan kanvas atau media lainnya.
  2. Patung: Karya seni tiga dimensi yang dibuat dari berbagai bahan seperti kayu, batu, logam, atau bahan lainnya, yang diukir, dibentuk, atau dilebur menjadi bentuk-bentuk yang mewakili gagasan atau konsep artistik.
  3. Grafis: Karya seni yang dibuat dengan teknik cetak seperti cetak tinggi, cetak datar, atau cetak sablon, untuk menciptakan gambar atau desain yang memiliki nilai estetika.
  4. Kollase: Karya seni yang dibuat dengan cara menyusun atau merekatkan berbagai bahan seperti kertas, kain, atau objek lainnya menjadi sebuah komposisi visual yang artistik.
  5. Instalasi: Karya seni yang mencakup ruang fisik secara keseluruhan, sering kali melibatkan berbagai elemen seperti objek, suara, cahaya, atau interaksi dengan penonton untuk menciptakan pengalaman artistik.
  6. Fotografi seni: Fotografi yang dihasilkan dengan tujuan estetika atau artistik, sering kali menggunakan teknik-teknik kreatif seperti permainan cahaya, komposisi, atau manipulasi digital untuk menciptakan gambar yang memiliki nilai artistik.
  7. Seni digital: Karya seni yang dibuat menggunakan teknologi digital, seperti seni komputer, seni grafis digital, animasi, atau seni interaktif, yang dapat berupa gambar, video, atau pengalaman multimedia lainnya.

Itulah beberapa contoh karya seni rupa murni yang mencakup berbagai media dan teknik, tetapi tujuannya utamanya adalah untuk mengekspresikan gagasan atau konsep artistik tanpa mempertimbangkan fungsi praktisnya.

Pos terkait